-->

Jurnal - Interaksi Belajar Mengajar Dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Interaksi Belajar Mengajar Dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

Pembelajaran adalah sebuah proses guru dalam membelajarkan siswa yang diharapkan ada kegiatan belajar pada diri siswa. Hal ini yang menjadi dasar bagi guru agar dapat menciptakan sebuah perencanaan pembelajaran sebagai usaha mengembangkan kegiatan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Perpaduan dari kedua antara guru dan siswa lahirlah interaksi edukatif dengan memanfaafkan materi pembelajaran sebagai mediumnya. Interaksi tersebut sangat beraneka ragam, tergantung kepada keterampilan dan variasi guru dalam mengelola kegiatan interaksi belajar mengajar. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kebosanan dan untuk menghidupkan suasana kelas demi keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran.

Salah satu cara menciptakan interaksi belajar mengajar yang bervariasi adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok.Model pembelajaran investigasi kelompok ialah strategi belajar kooperatif yang menempatkan siswa ke dalam kelompok untuk melakukan investigasi atau penyelididkan terhadap suatu topik. Model investigasi kelompok sering dipandang sebagai model yang paling kompleks dan paling sulit dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif. Model ini melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi.

Model investigasi kelompok menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri. Keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran.Model kooperatif ini cenderung mengorientasikan pada aktivitas kerja ilmiah untuk menyelidiki atau memecahkan masalah. Model ini lebih menekankan kepada pengembangan kemampuan pemecahan masalah dalam suasana lebih demokratis dimana pengetahuan tidak diajarkan secara langsung kepada anak tetapi diperoleh melalui pemecahan masalah.

Dalam investigasi kelompok, interaksi guru dan siswa dapat terjadi pada kegiatan pembelajaran saat memotivasi siswa, menjelaskan, mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS dan melaporkan hasil kerja kelompok, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan siswa. Sedangkan interaksi siswa dengan guru dapat terjadi pada kegiatan pembelajaran saat mendengarkan guru dalam memotivasi siswa, melontarkan pertanyaan pada guru, menjawab pertanyaan guru, dan menyimpulkan pelajaran bersama guru. Interaksi siswa dengan siswa terjadi pada saat melakukan tanya jawab tentang pelajaran dan disaat diskusi, berbagi tugas dalam mengerjakan LKS, dan mengamati kegiatan yang dilakukan teman.

Dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok mengakibatkan interaksi yang baik antara guru dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan siswa. Sehingga, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok baik diterapkan didalam pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Jurnal Pendidikan - Interaksi Belajar Mengajar Dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok

Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Interaksi Belajar Mengajar Dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran