-->

Jurnal - Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

ABSTRAK. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter siswa. Metode kajian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa guru dituntut sebagai eduktor, transformator, inisiator, fasilitator, dan motivator dalam pembentukan karakter siswa. Guru harus dapat menyampaikan nilai-nilai pendidikan karakter hingga nilai-nilai tersebut dapat tertanam dengan baik dalam diri siswa. Guru juga harus dapat menjadi sumber inspirasi bagi siswa. Selain itu, guru harus mampu menggerakkan minat dan perhatian siswa untuk dapat membentuk karakter yang baik bagi dirinya. Guru perlu mengembangkan nilai-nilai karakter dalam dirinya. Guru perlu memiliki karakter yang kuat dan positif untuk dapat membentuk siswa yang berkarakter. Guru tidak hanya menjadi pendidik dan pengajar bagi siswa, namun mereka mampu menjadi teladan bagi siswa.
Kata kunci: peran guru, karakter, siswa


PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan hak bagi semua warga Negara Indonesia. Pada pasal 5 ayat (1) Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diamanatkan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.

Pendidikan memiliki peran yang sangat urgent dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter. Hal ini sejalan dengan bunyi pasal 3 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pembentukan karakter siswa tidak semata-mata menjadi tugas guru atau sekolah, melainkan juga menjadi tugas keluarga dan masyarakat. Hal ini dikarenakan siswa menghabiskan waktu dan beraktivitas tidak hanya di sekolah, namun juga di rumah dan di masyarakat. Namun, pada pendidikan formal di sekolah, guru merupakan orang yang memiliki peran sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. Dalam pendidikan karakter, siswa tidak hanya belajar tentang teori dan praktek tetapi siswa diajak mencapai aspek kognitif "pengetahuan" dan juga menyentuh aspek "perilaku" dengan melibatkan seluruh aspek secara simultan dan berkesinambungan.

Rumusan Masalah
Bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter siswa?

Tujuan
Mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter siswa.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Jurnal Pendidikan - Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Pendidikan Terlengkap