Abstract. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kecerdasan dan kreativitas siswa. Metode kajian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perkembangan optimal dari kecerdasan dan kreativitas siswa berhubungan erat dengan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Proses pembelajaran akan mampu meningkatkan kecerdasan dan kreativitas siswa apabila siswa diberikan kesempatan untuk berfikir, bukan hanya secara konvergen tetapi juga divergen. Dalam artian para siswa diberikan kesempatan untuk berpendapat, berfikir dan mengambil kesimpulan secara alternatif atas dasar pengamatan, pengumpulan data, klasifikasi, analisis, sisntesis dan evaluasi yang mereka lakukan. Sejauh ini, peningkatan kecerdasan dan kreativitas siswa yang dilakukan belum cukup memuaskan. Akibatnya, kecerdasan dan kreativitas siswa tidak dapat berkembang secara optimal. Guru yang dapat mengoptimalkan kecerdasan dan kreativitas siswa akan dapat memberikan modal siswa untuk dapat berdiri sendiri di masa depan.
Kata kunci: peran guru, kecerdasan, kreativitas, pendidikan.
PENDAHULUAN
Tantangan pembangunan nasional pada era globalisasi saat ini sangat unik dan kompleks. Pembangunan nasional tidak hanya dihadapkan pada persoalan bagaimana meningkatkan taraf hidup rakyat, namun juga dihadapkan kepada era globalisasi dalam berbagai bidang. Ciri utama pada era globalisasi ini adalah terjadi persaingan terbuka yang sangat ketat. Kekayaan sumber daya alam dari suatu negara bukan lagi merupakan unggulan utama untuk mampu bersaing. Kemampuan bersaing sangat ditentukan oleh kemampuannya dalam mempersiapkan dan memiliki sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.
Sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas yakni SDM yang mampu menguasai dan mengembangkan kecerdasan dan kreativitas, berkepribadian, serta berketerampilan hidup. Dengan alasan pemikiran tersebut, kemampuan yang diperlukan dalam menghadapi era globalisasi dan informasi ini adalah kemampuan generasi muda yang memiliki kecerdasan dan kreativitas dalam Iptek, memiliki kepribadian dan keterampilan hidup. Generasi yang demikian akan bisa terwujud apabila semua orang di negara ini, khususnya para pendidik, berpartisipasi menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang.
Tugas dan tangung jawab guru sebagai pendidik adalah membantu dan membimbing siswa mencapai kedewasaan seluruh ranah kejiwaan sesuai kreteria yang telah ditetapkan, baik kreteria institusional maupun konstitusional. Ini berarti bahwa para pendidik memiliki tanggung jawab untuk memilkirkan bagaimana mengembangkan generasi muda (siswa) menjadi generasi bangsa yang memiliki kecerdasan dan kreativitas agar dikemudian hari dapat memainkan peranan hidup secara tepat.
Rumusan Masalah
Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan dan kreativitas siswa?
Tujuan
Mengetahui peran guru dalam meningkatkan kecerdasan dan kreativitas siswa.
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Jurnal Pendidikan: Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Dan Kreativitas Siswa
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Dan Kreativitas Siswa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Pendidikan Terlengkap