Abstract: The Using Inquiry Methods in Increasing Result of Mathematic Study in five grade of Elementary School. The purpose of this research were (1) to describe steps of inquiry method in increasing result of mathematic study in five grade of Elementary School, (2) identify constraints and solutions using inquiry methods in increasing result of mathematic study in five grade of state elementary school. This research is classroom action research (CAR) conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The data were analysis using Miles and Huberman interactive model consist of three components are: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results showed that (1) the steps of inquiry method can be run apropriate to the scenario, (2) the using inquiry method can increasing result of mathematic study in five grade of Elementary School. Increasing result of mathematic study from pre-test were 40%, in the first cycle were 60%, in the second cycle were 73% and the third cycle increase until 80%.
Key words: result of study, mathematic, inquiry method
Abstrak: Penggunaan Metode Inkuiri dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendiskripsikan langkah-langkah metode inkuiri dalam peningkatan hasil belajar Matematika kelas V sekolah dasar, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan langkah-langkah metode Inkuiri kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penggunaan langkah-langkah metode Inkuiri dapat berjalan sesuai skenario, (2) penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Peningkatan hasil belajar matematika dari pratindakan mencapai 40%, di siklus I 60%, di siklus II 73% dan siklus III meningkat menjadi 80%.
Kata Kunci: metode Inkuiri, hasil belajar matematika
PENDAHULUAN
Pembelajaran Matematika membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta bekerjasama. Kompetensi tersebut diberikan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Keberhasilan pembelajaran Matematika tersebut tergantung pada siswa dalam proses belajar mengajar, sedangkan keberhasilan siswa tidak hanya tergantung pada sarana dan prasarana pendidikan, serta kurikulumnya. Akan tetapi, guru dalam proses pembelajaran juga dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar Matematika siswa, salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran oleh guru sesuai dengan materi yang disampaikan.
Berdasarkan hasil pengamatan dalam proses belajar mengajar dikelas, keadaan sekolah, dan melalui peninjauan bidang akademik dan non akademik, diperoleh hasil bahwa keadaan Sekolah Dasar Negeri Indrosari khususnya siswa kelas V tahun ajaran 2011/2012 dalam pelajaran Matematika belum menunjukkan hasil belajar sesuai dengan KKM yang ditetapkan. Ditinjau dari keadaan fisik sekolah, yairu ruang kelas V sudah baik dan sesuai sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Pengamatan pada proses pembelajaran oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa pelaksana-an proses belajar mengajar belum membuat siswa aktif belajar, sehingga kemampuan siswa belum tergali dengan maksimal. Penggunaan metode pembelajaran dalam pembelajaran Matematika belum sesuai dan membuat siswa terlihat tidak antusias untuk belajar. Guru masih terfokus untuk menjelas-kan materi dan siswa hanya melakukan perintah mengerjakan soal tanpa penanaman konsep pembelajaran yang kuat.
Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, tidak hanya memerlukan suatu latihan yang terus menerus, tetapi terlebih dahulu siswa harus mengetahui inti dari materi yang dipelajarinya. Berdasarkan kon-sep yang mereka temukan sendiri di dalam proses pembelajaran, siswa akan lebih bersemangat, dan aktif belajar serta berusaha mencari penyelesaian masalah yang diberikan oleh gurunya dengan menggunakan ke-mampuannya sendiri. Adanya semangat atau motivasi siswa dalam belajar dan konsep yang tertanam dengan baik, diharapkan siswa mampu menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dengan prosedur yang benar, sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi lebih baik dari semula.
Oleh karena itu, diperlukan suatu solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi. Salah satunya dengan pengguna-an metode inkuiri dalam pembelajaran Matematika. Metode inkuiri adalah cara penyajian pelajaran yang memberikan ke-sempatan kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru. Pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa diharapkan lebih aktif, antusias, dan berani dalam mencari pe-nyelesaian permasalahan yang dihadapinya, serta memungkinkan siswa menemukan sendiri informasi-informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan belajarnya.
Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah yang muncul yaitu 1) bagaimanakah penggunaan metode Inkuiri dalam pe-ningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Indrosari tahun ajaran 2011/2012?, 2) apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Indrosari tahun ajaran 2011/2012?, 3) apakah kendala dan solusinya pada penggunaan metode inkuiri dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Indrosari tahun ajaran 2011/2012?.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) men-diskripsikan langkah penggunaan metode inkuiri, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika, dan 3) mengetahui kendala, serta solusinya pada penggunaan metode inkuiri dalam peningkatan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Indrosari tahun ajaran 2011/2012.
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai Jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Download Jurnal - Penggunaan Metode Inkuiri Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penggunaan Metode Inkuiri Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Matematika
Download Contoh Jurnal Tentang Metode Pembelajaran