ABSTRACT: The Using Picture Series Media In Improving Writing Skills. The purpose of research were: (1) Describe how the use of the picture series media can improve writing skills in learning Indonesian Elementary School fourth grade students Brengkol, (2) Determine if the use of the media image series can improve the writing skills of fourth grade elementary school students Brengkol. This research is Classroom Action Research (CAR) consists of four stages, namely the planning stage, the action stage, the stage of observation and reflection phase. Data sources are from teachers and students. Data collection techniques are observation, discussion, and field notes. The results showed that the use of the media image series can improve writing skills in learning Indonesian is by an increase in students' writing skills in each cycle. Conclusions This study is the use of media image series can improve the skills of writing on learning Indonesian Elementary School fourth grade students performed with langah Brengkol steps as follows: (1) prepare a set of images that are easy to understand series of plot by the student, (2) use of paper striped as fabricated sheet student writing, (3) prepare a tool such as glue and scissors to taste, (4) provide an explanation about writing essays with attention to spelling and punctuation, (5) put a series of random drawings on the board, (6) provide an explanation on a series of stories from media images available series, (7) conduct a question and answer about the exact sequence of image series; (8) delivery restrictions theme; (9) to train children to make the title essay; (10) train children to make the outline; (11 ) train children describing the outline; (12) gives students the task of writing a series of media images; (13) to train children in the published essay by reading to the class (14) to motivate and reward students.
Keywords: media image series, writing skills, the lesson
ABSTRAK: Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Peningkatan Ketrampilan Mengarang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana peng-gunakan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Brengkol, (2) Mengetahui apakah dengan penggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada siswa kelas IV SD Negeri Brengkol. Penelitian ini merupakan Pene-litian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tanya jawab, dan catatan la-pangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu dengan adanya peningkatan keterampilan mengarang siswa pada setiap siklus. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kete-rampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Brengkol yang dilakukan dengan langah-langkah sebagai berikut: (1) menyiapkan rangkaian gambar seri yang mudah dimengerti alurnya oleh siswa; (2) menggunakan kertas bergaris sebagai lembar menulis hasil karangan siswa; (3) menyiapkan alat se-perti lem dan gunting secukupnya; (4) memberikan penjelasan tentang menulis ka-rangan dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca; (5) menempelkan acak gambar seri di papan tulis; (6) memberikan penjelasan tentang rangkaian cerita dari media gambar seri yang tersedia; (7) melakukan tanya jawab tentang urutan gambar seri yang tepat; (8) pemberian batasan tema; (9) melatih anak membuat judul karangan; (10) melatih anak membuat kerangka karangan; (11) melatih anak menjabarkan ke-rangka karangan; (12) memberi tugas siswa mengarang dengan menggunakan media gambar seri; (13) melatih anak dalam mempublikasikan karangan melalui membaca di depan kelas (14) memberikan motivasi dan reward kepada siswa.
Kata kunci: media gambar seri, keterampilan mengarang, langkah pembelajaran
Pendahuluan
Mata pelajaran bahasa Indone-sia telah ada sejak bangku Sekolah Dasar. Mata pelajaran ini termasuk mata pelajaran yang sangat penting. Dengan mata pelajaran bahasa In-donesia ini siswa dibekali dengan ke-terampilan berbahasa yang sangat bermanfaat. Sejak di bangku Sekolah Dasar siswa telah dibekali dengan keterampilan berbahasa sebagai ba-hasa persatuan yang harus dimiliki sis-wa.
Keterampilan bahasa mempu-nyai empat komponen keterampilan yang perlu dikembangkan yaitu kete-rampilan menyimak, berbicara, mem-baca dan keterampilan menulis, keem-pat keterampilan tersebut saling berhu-bungan satu sama lainnya. Dengan de-mikian jenjang Sekolah Dasar harus mampu untuk membekali siswa de-ngan empat aspek keterampilan berba-hasa dengan seimbang.
Berdasarkan studi pendahuluan diketahui kurangnya guru dalam pen-ggunaan media pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung yang ter-cermin dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya langsung me-nyuruh siswa untuk membuat suatu karangan hal itu karena kekurang ta-huan guru dalam menggunakan media yang tepat dengan materi yang dia-jarkan. Kurangnya peng-gunaan media dalam mengajarkan keterampilan me-ngarang menyebabkan siswa kurang senang dan aktif dalam kegiatan pem-belajaran hal itu tercermin dari sua-sana kelas pada saat kegiatan pem-belajaran berlangsung, sehingga me-nyebabkan keterampilan berbahasa siswa berkaitan dengan keterampilan mengarang rendah. Akibatnya, ke-mampuan bahasa Indonesia para siswa kurang memadai. Berdasarkan nilai tengah semester siswa kelas IV yaitu dengan nilai rata-rata siswa da-lam mengarang 60 maka perlu adanya stra-tegi baru yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama ber-kaitan dengan pembelajaran menga-rang.
Dengan keadaan siswa yang kurang aktif dan senang yang me-nyebabkan nilai rata-rata siswa ren-dah, peneliti mengusulkan penggunaan media gambar seri sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran me-ngarang, dengan media gambar seri ini diharapkan dapat membantu siswa da-lam menuangkan gagasannya dengan cara menghubungkan gambar satu de-ngan gambar yang lain sehingga ter-susun karangan yang baik dan siswa tidak kesulitan dalam memilih kata yang akan ditulisnya. Dalam upaya untuk meningkatkan prestasi siswa da-lam mengarang maka akan dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunkan alat peraga gambar seri untuk meningkatkan keterampilan sis-wa dalam mengarang pada siswa kelas IV SD Negeri Brengkol, dengan ala-san bahwa gambar seri dapat memu-dahkan siswa dalam pembelajaran dan memudahkan siswa untuk dapat me-milih kata, merangkai kata, membuat sebuah keterkaitan hingga menuang-kannya dalam bentuk karangan.
Sebagaimana acuan dalam pe-nelitian tindakan kelas, selanjutnya dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut.
1. Bagaimana penggunakan media gambar seri yang dapat mening-katkan keterampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indo-nesia siswa kelas IV SD Negeri Brengkol?
2. Apakah dengan penggunakan me-dia gambar seri dapat meningkat-kan keterampilan mengarang pada siswa kelas IV SD Negeri Breng-kol?
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar seri ini dapat me-ningkatkan keterampilan mengarang siswa kelas IV SD Negeri Brengkol. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk:
1. Mendeskripsikan bagaimana peng-gunakan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada pembelajaran Ba-hasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Brengkol
2. Mengetahui apakah dengan peng-gunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan me-ngarang pada siswa kelas IV SD Negeri Brengkol.
Pada bagian ini akan dibahas me-ngenai landasan teori penelitian yang relevan, kerangka berpikir dan hipo-tesis. Landasan teori terdiri dari 2 (dua) point utama yaitu, peningkatan keterampilan mengarang dan media gambar seri (flow chart). Adapun penjelasan lebih ter-perinci mengenai garis besar diatas, penulis uraikan di bawah ini.
Mulyani Sumantri dan Nana Syaodih berpendapat bahwa pada um-umnya anak usia SD berumur antara 6-12 tahun dimana anak mengalami banyak perubahan baik fisik maupun mental hasil perpaduan faktor intern maupun pengaruh dari luar yaitu li-ngkungan keluarga, sekolah, masy-arakat, dan yang tidak kurang pen-tingnya adalah pergaulan dengan te-man sebaya (2008).
Menurut Sri Subarmilah (me-ngutip The Liang Gie, 1992) meng-arang adalah keseluruhan rangkaian kegiatan seseorang mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya mela-lui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami (2009: 20). Hamzah Mendefinisikan kete-rampilan adalah kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan fisik dan mental (2008). Ashar Arsyad mengatakan ba-hwa kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah be-rarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau pe-ngantar’ (2011).
Ada beberapa macam/jenis media yang dapat digunakan dalam proses pengajaran. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai menuliskan jenis media yaitu: (1) media grafis seperti gambar, foto, grafik, gambar dll (2) media tiga dimensi meliputi model padat, model susun, model kerja, diorama dll (3) media proyeksi seperti slide, film st-rips, film, penggunaan OHP dll (4) penggunaan lingkungan sebagai media pengajaran (2010).
Menurut Padmono penggunaan fungsi dan manfaat kadang diper-tukarkan penggunaannya, akan tetapi pada hakikatnya keduanya berbeda. Di dalam sebuah fungsi mengandung sua-tu misi tertentu sehingga dari sebuah fungsi akan muncul manfaat. Jadi pe-ngertian fungsi lebih mempunyai ke-dekatan dengan “role” (peranan) (20-11).
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah dalam penelitian ini, diketahui bahwa kurangnya keteram-pilan siswa kelas IV SD Negeri Breng-kol dalam mengarang karena siswa ke-sulitan untuk memilih kata, merangkai kata, membuat sebuah keterkaitan hing-ga menuangkannya dalam ben-tuk tulisan hal tersebut disebabkan ka-rena kurangnya penggunaan media da-lam pembelajaran mengarang yang menyebabkan siswa kurang aktif dan tertarik pada kegiatan mengarang.
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Jurnal - Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Peningkatan Keterampilan Mengarang
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Peningkatan Keterampilan Mengarang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Bahasa Indonesia
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran