Abstract : The Using Three Dimensional Media in Improving Mathematic Result of Fourth Grade Student. The purposes of this research are improving the result of teaching learning activity in Mathematic lesson for fourth grade level of elementary school in 2011/2012 academic year. This research is a classroom action research method was implemented in three cycles and each cycle consisting of four stages, namely the planning stage, the action stage, the stage of observation and reflection phase. Data sources are from teachers and students. The results showed that the use of three-dimensional media can improve student learning result in mathematics learning. It can be seen with increasing student learning result in each cycle.
Abstrak : Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Bangun Ruang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode siklus yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dari siklus I sampai III
Kata kunci: media tiga dimensi, hasil belajar, bangun ruang
Pendahuluan
Sekolah merupakan tempat penye-lenggaraan proses pendidikan yang bersifat formal. Semua kegiatan yang terjadi di se-kolah diarahkan dan direncanakan sedemi-kian rupa sehingga dapat mencapai tujuan yang ditetapkan yaitu menghasilkan peru-bahan-perubahan sikap yang positif pada siswa. Sampai sejauh mana tujuan sekolah tersebut dapat tercapai melalui proses pem-belajaran dapat diketahui dari hasil eva-luasi.
Pembelajaran matematika di seko-lah dasar mempunyai kedudukan yang sa-ngat penting dalam upaya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk dapat terlaksananya pembelajaran matematika dengan baik pada jenjang pen-didikan SD diperlukan guru yang terampil merancang dan mengelola proses pembe-lajaran, agar dapat mengajarkan matema-tika dengan baik. Mengajarkan matematika mengandung makna aktivitas guru menga-tur kelas dengan sebaik- baiknya dan men-ciptakan kondisi yang kondusif sehingga siswa dapat belajar matematika dengan baik.
Rendahnya hasil belajar ini lebih terlihat khususnya dalam pokok bahasan yang bersifat abstrak sehingga memerlukan penggunaan media visual atau alat peraga. Melalui penggunaan alat peraga diharap-kan peserta didik akan lebih mudah mema-hami materi yang disampaikan oleh guru.
Beberapa orang beranggapan bah-wa salah satu mata pelajaran yang menjadi tolok ukur kepandaian dan kecerdasan anak dalam belajar adalah mata pelajaran Matematika. Mereka beranggapan bahwa mata pelajaran yang paling berkualitas, dan paling tinggi kedudukannya dibanding dengan mata pelajaran lain adalah mata pelajaran Matematika. Ironisnya mata pela-jaran Matematika sering menjadi mata pe-lajaran yang paling ditakuti dan dihindari oleh sebagian siswa Sekolah Dasar karena dianggap sebagai mata pelajaran yang pa-ling sulit, menakutkan dan membosankan bagi siswa. Untuk itu, perlu dilakukan pembenahan supaya Matematika menjadi mudah dan menyenangkan. Masih ren-dahnya nilai siswa mencerminkan kurang berhasilnya guru dalam menyampaikan pelajaran. Hal ini dapat disebabkan karena kemampuan guru pada mata pelajaran Matematika kurang, alokasi waktu yang disediakan tidak cukup, metode maupun teknik mengajar yang digunakan tidak sesuai, media yang digunakan kurang memadai, dan sebagainya.
Dalam memahami konsep- konsep matematika, siswa sekolah dasar memerlu-kan visualisasi atau perantara yang disebut media. Media dapat berupa alat peraga, baik dalam bentuk 2 dimensi maupun tiga dimensi. Tanpa menggunakan alat peraga mereka akan mengalami kesulitan, karena tahap perkembangan intelektual mereka baru pada tahap operasional konkret. Penggunaan benda- benda konkret/ tiga di-mensi dalam kegiatan pembelajaran juga sangat diperlukan sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi pelajaran.
Namun pada kenyataannya, dalam pembelajaran matematika masih men-desain siswa untuk menghafal dari pada menanamkan konsep. Sehingga sering kali terjadi miskonsepsi dikalangan siswa. Padahal pembelajaran di tingkat sekolah dasar, penguasaan konsep sangatlah pen-ting. Dikarenakan jika dari dini sudah salah dalam menanamkan konsep atau terjadi miskonsepsi, maka konsep yang salah itu akan di tanamkan siswa hingga ia dewasa. Ini akan berakibat fatal. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika diharap-kan guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan dengan cermat menanamkan konsep dalam pembe-lajaran. Salah satu upaya yang dapat di-lakukan adalah dengan memilih alat peraga pembelajaran yang dapat memberi kesem-patan seluas–luasnya kepada siswa untuk berkembang sesuai dengan keinginan dan kemampuan peserta didik tanpa mening-galkan konsep.
Dalam pengenalan bangun ruang, selama ini guru sering kali langsung mem-beri informasi pada siswa tentang ciri-ciri bangun ruang tersebut. Sebenarnya hal ini menunjukkan kekurangpahaman guru da-lam penyampaian topik bangun ruang me-lalui metode pembelajaran matematika yang benar.
Dalam banyak kasus guru hanya menggambar bangun ruang tersebut di papan tulis, atau cukup hanya dengan me-nunjukkan gambar yang ada dalam buku sumber yang digunakan siswa. Bahkan walaupun menggunakan alat peraga, siswa hanya melihat saja bangun ruang yang ditunjukkan guru tersebut.
Namun pada kenyataannya dari hasil pengamatan pada saat pembelajaran berlangsung di kelas IV ditemukan permasalahan pada pembelajaran bangun ruang, khususnya memahami sifat- sifat bangun ruang. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang berlangsung masih ber-pusat pada guru dan guru dalam men-jelaskan materi tanpa menggunakan benda- benda yang bersifat nyata/ tiga dimensi, hanya menggunakan gambar- gambar se-derhana saja.
Berdasarkan fase perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Piaget (dalam Darmiyati Zuhdi dan Budiasih, 2001: 7) bahwa usia 7-11 tahun anak ber-ada pada periode operasional konkret yaitu anak dapat berpikir logis terhadap benda-benda konkret. Anak aktif bergerak dan mempunyai perhatian yang besar pada lingkungannya. Pada usia ini, rasa ingin tahu (curiocity) berkembang sangat pesat. Anak selalu ingin mengetahui segala se-suatu yang dijumpainya dan apa yang ter-jadi disekitarnya. Anak pada usia ini sangat erat keberadaanya dengan permainan.
Russel (dalam Hamzah, 2007: 129) mendefinisikan bahwa matematika sebagai suatu studi yang dimulai dari pengkajian bagian- bagian yang sangat dikenal menuju arah yang tidak dikenal. Arah yang dikenal tersusun baik (konstruktif) secara bertahap menuju arah yang rumit (kompleks), dari bilangan bulat ke bilangan pecah, bilangan real ke bilangan kompleks, dari penjum-lahan dan perkalian ke diferensial dan inte-gral, dan menuju matematika yang lebih tinggi.
Media pembelajaran bangun ruang merupakan sebuah media yang dirancang untuk membantu menangani kesulitan dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam mempelajari materi bangun ruang untuk sekolah dasar. Dengan media pem-belajaran bangun ruang ini dapat diperoleh suatu media alternatif sebagai sumber be-lajar bagi peserta didik, khususnya dalam mempelajari materi bangun ruang (Ismadi, 2009).
Wahyudin (2007) menyatakan bah-wa bangun ruang adalah suatu bangun yang bagian- bagiannya tidak berada dalam satu bidang. Bangun ruang ada yang ben-tuknya teratur dan ada yang tidak teratur. Bangun ruang yang bentuknya teratur pada umumnya sudah memiliki nama, misalnya kubus, balok, tabung, bola, limas, prisma, kerucut.
Langkah- langkah penggunaan me-dia tiga dimensi bangun ruang:
a) Mengidentifikasi segala kebutuhan yang akan digunakan sebagai contoh dalam pembelajaran bangun ruang
b) Merumuskan tujuan pembelajaran da-lam bentuk TIU (Tujuan instuksional Umum) dan menerapkannya dalam pe-mbelajaran menggunakan contoh yang telah disediakan
c) Merumuskan butir- butir materi ten-tang bangun ruang serta mencontoh-kan macam- macam bangun ruang
d) Menjelaskan materi dengan disertai langkah- langkah mengkonstruksi ba-ngun ruang
e) Mempraktekkan cara mengkonstruksi bangun ruang
f) Merangkai jaring- jaring bangun ruang sehingga menjadi bentuk sempurna
g) Menjelaskan sifat- sifat bangun ruang
h) Memberikan tugas kelompok
i) Memberikan feed back
j) Evaluasi
Kata media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju pene-rima ( Heinich et.al., 2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al., 2001 dalam Daryanto, 2010: 4). Media merupakan salah satu komponen komunikasi yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos dalam Daryanto, 2010: 5).
Penggunaan media pengajaran hen-daknya diupayakan untuk memanfaatkan kelebihan- kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut dan berusaha menghindari hambatan-hambatan yang mungkin muncul saat penggunaannya dalam proses pembe-lajaran.
Media tiga dimensi adalah seke-lompok media tanpa proyeksi yang penya-jiannya secara visual tiga dimensional. Ke-lompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli baik hidup maupun mati, dan dapat pula berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya (Daryanto, 2010: 29).
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Jurnal - Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Matematika
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran