-->

Jurnal - Teknik Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Teknik Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

Abstrak: Teknik Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa sangat rendah, terbukti dengan rendahnya pemahaman siswa pada bahasa Inggris. Agar hasil belajar bahasa Inggris lebih baik, guru menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan lebih praktis. Pemilihan metode dan media yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan teknik pengusaan kosakata bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode Practice Rehearsal Pair, dibantu dengan media gambar, media kartu cepat dan media konkret dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Teknik, bahasa Inggris, Kosakata.

Abstract: The Vocabulary Mastery Techniques in the English Learning in Primary School. The vocabulary english mastery students was very low, so that the result in the lack of understanding of the students in the English. In order for the results to learn English better, teachers create the learning process more fun and more practical. Selection of appropriate methods and media is an alternative that could be taken. The purpose of this study is to describe the technical mastery of English vocabulary in elementary school. This study uses classroom action research techniques. The results showed that the used of Rehearsal Practice Pair, aided by media images, quick card media and concrete media could improve their English vocabulary in Primary Schools.
Keywords: Techniques, English, Vocabulary.


PENDAHULUAN

Bahasa merupakan peran yang sangat penting dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan siswa dalam mempelajari semua bidang studi. Pada era globalisasi ini, hampir seluruh ilmu pengetahuan dan teknologi modern menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa dunia yang sangat diperlukan dalam menghadapi globalisasi seperti saat ini, sehingga penting dipelajari sejak dini. Pendidikan khususnya sekolah seyogyanya memiliki sistem pembelajaran yang menekankan pada proses dinamis yang didasarkan pada upaya meningkatkan keingintahuan siswa tentang dunia. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan teknik penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar.

Tujuan Pembelajaran bahasa Inggris yaitu bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: 1) mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah, 2) memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global. Dan ruang lingkup bahasa Inggris di SD meliputi empat aspek yaitu: 1) mendengarkan, 2) membaca, 3) berbicara, 4) menulis (Tim Penyusun KTSP, 2008).

Metode Practice Rehearsal Pair Practice Rehearsal Pair merupakan salah satu metode dalam model pembelajaran aktif. masing-masing pasangan dapat mempraktikan suatu keterampilan atau prosedur dengan teman belajar dengan tujuan untuk meyakinkan suatu keterampilan dengan benar.

Menurut Trianto (2007) mengemukakan bahwa rehearsal dapat mentransfer informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Maksud dari pendapat di atas adalah pengulangan perlu dilakukan agar dapat memindahkan informasi yang ada pada memori jangka pendek bisa masuk ke memori jangka panjang, sehingga ketika diperlukan dapat dipanggil lagi. Dengan tersimpannya informasi ke memori jangka panjang akan memudahkan siswa memahami semua permasalahan khususnya mengenai penguasaan kosakata bahasa Inggris.

Berdasarkan pendapat Rahmawati (2008) menjelaskan tentang pengertian kosakata yaitu himpunan kata yang merupakan bagian dari sebuah bahasa dan memiliki makna tertentu. Himpunan kata yang bermakna ini digunakan sebagai media untuk mengekspresikan maksud hati dan gambaran terhadap suatu hal. Seseorang akan mampu dan lancar berkomunikasi apabila perbendaharaan kata yang dimilikinya dapat memenuhi kebutuhan untuk melakukan kegiatan komunikasi tersebut. Kosakata merupakan syarat utama bagi seseorang untuk bisa berkomunikasi.

Pembelajaran yang efektif tidak cukup hanya dengan pemilihan metode tetapi disertai media yang dapat mendukung peningkatan keefektifan pembelajaran. Media yang dimaksud salah satunya yaitu media konkret, media gambar, dan media kartu cepat. Pujita (2006) menjelaskan bahwa media konkret adalah media nyata atau objek nyata yang dapat dipegang, dilihat, diraba, dan dimanipulasi. Sudjana dan Rivai (2009) menerangkan bahwa media gambar merupakan bagian dari media grafis, dalam penerapannya termasuk dalam media visual. Media didefinisikan sebagai media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui suatu kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar-gambar. Dan menurut Indriana (2011) menjelaskan bahwa media kartu cepat adalah pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang ukurannya postcard atau sekitar 25x30 cm.

Hidayat (2010) yang menerangkan bahwa langkah-langkah dalam memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan pemahaman bahasa Inggris yaitu dilakukan dengan setiap hari sisakan sedikit waktu untuk menghafalkan kosakata. Tidak perlu terlalu banyak cukup 5-10 kata. Dalam proses pembelajaran menggunakan metode Practice Rehearsal Pair yang dibantu dengan media gambar melalui langkah-langkah: 1) memperkenalkan media gambar, 2) penyampaian materi pelajaran, 3) pembentukan kelompok, 4) pelaksanaan diskusi kelompok, 5) pembahasan hasil kegiatan. Langkah-langkah tersebut sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media gambar yang dipaparkan oleh Sadiman, Rahardjo, Haryono, dan Raharjito (2011) yaitu: 1) persiapan sebelum menggunakan media gambar, 2) kegiatan selama penggunaan media, dan 3) kegiatan tindak lanjut. Dan pembelajaran jika dibantu dengan media konkret akan semakin memaksimalkan keefektifan hasil belajar siswa menurut Sumantri dan Permana (2006) disebutkan bahwa kekuataan media benda asli/konkret adalah: 1) benda asli memberi pengalaman yang sangat berharga karena langsung dalam dunia sebenarnya, 2) benda asli memiliki ingatan yang tahan lama dan sulit di pahami, 3) pengalaman nyata dapat membentuk sikap mental dan emosional yang positif terhadap hidup dan kehidupan, 4) benda asli dan model dapat dikumpulkan dan dicari, 5) benda asli dapat dikoreksi orang.

Perpaduan metode Practice Rehearsal Pair dan media kartu cepat menurut Indriana (2011) melalui langkah-langkah penggunaan media kartu cepat adalah sebagai berikut: 1) kartu-kartu yang sudah disusun dipegang setinggi dada dan menghadap ke siswa, 2) cabutlah satu per satu kartu tersebut setelah guru selesai menerangkan, 3) berikan kartu-kartu yang telah diterangkan kepada siswa yang duduk di dekat guru. Mintalah siswa itu untuk mengamati kartu tersebut, lalu teruskan kepada siswa yang lain hingga semua kebagian, 4) jika sajian menggunakan jenis atau cara permainan, yaitu: a) letakkan kartu-kartu tersebut di dalam sebuah kotak secara acak dan tidak perlu disusun, b) siapkan siswa yang akan berlomba, misalnya 3 orang untuk berdiri sejajar di ujung sini. Sedangkan kotak yang beris kartu tersebut berada di ujung sana, c) guru memberikan perintah kepada siswa tersebut untuk mencari suatu benda, misal komputer, d) selanjutnya, anak berlomba lari menuju kotak untuk mencari gambar komputer, e) setelah mendapatkannya, anak didik harus kembali ke tempat start, f) siswa yang paling cepat larinya dan mendapatkan bendanya harus menyebutkan nama benda tersebut. Penggabungan metode dan media yang menarik dapat meningkatkan konsentrasi siswa di dalam proses pembelajaran, sehingga kosakata-kosakata baru lebih mudah ditangkap oleh siswa.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Jurnal - Teknik Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Teknik Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Bahasa Inggris