-->

Jurnal - Model Pembelajaran TGT Dalam Peningkatan Pembelajaran Pkn

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Model Pembelajaran TGT Dalam Peningkatan Pembelajaran Pkn, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: TGT Model in Improving Learning PKN of IV Grade Student Weton Kulon State Elementary School. This aims to research are to describe proces learning TGT model in improving PKn and to describe exceed and less the using of TGT model in improving PKn. This research uses classroom action research (CAR) in three cycles, the each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that use of learning is proces and learning result, this is proved by each cycle studied according to the steps model TGT was explained into 5 steps which can performed is good.
Key words: TGT model, learning of PKN, result learning

Abstrak: Model Pembelajaran TGT dalam Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses model pembelajaran TGT dalam peningkatan pembelajaran PKn dan untuk mendeskripsikan adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan model TGT dalam peningkatan pembelajaran PKn. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan pembelajaran yaitu proses dan hasil, terlihat dari setiap siklus pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah model TGT yang terjabar dalam 5 langkah yang terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: model TGT, pembelajaran PKn, hasil belajar


PENDAHULUAN

Kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan melibatkan berbagai komponen yaitu peserta didik, guru (pendidik), tujuan pembelajaran, isi pelajaran, model pembelajaran, metode mengajar, media, dan evaluasi. Tujuan pembelajaran adalah perubahan perilaku dan tingkah laku yang positif dari peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, seperti perubahan yang psikologis akan muncul dalam tingkah laku yang dapat diamati oleh alat indera oleh orang lain, baik tutur katanya, motorik dan gaya hidupnya. Tujuan pembelajaran yang diinginkan tentunya yang optimal, untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik, salah satu diantaranya menurut peneliti adalah model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran ini sangat berpengaruh terhadap pembelajaran yang terjadi di kelas.

Hakekat mata pelajaran PKn merupakan pendidikan nilai dan moral. Sebagai pendidikan nilai PKn akan membantu siswa dalam mengembangkan pertimbangan-pertimbangan kearah objek tertentu termasuk estetika dan estika. mata pelajaran PKn juga dimaksudkan membekali peserta didik dengan budi pekerti, pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warganegara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan. Mata pelajaran PKn di SD guru dalam menyampaikan materi masih bersifat teoritis, monoton pada bacaan buku, ini dapat menimbulkan komunikasi satu arah selain itu anak cenderung pasif karena hanya mendengarkan ceramah yang disampaikan guru tanpa ad aktifitas yang menimbulkan keaktifan siswa. Hal ini akan menyebabkan siswa jenuh dan merasa bosan dalam pembelajaran. Berdasarkan pengamatan yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pembelajaran PKn kelas IV semester 2 masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil pembelajaran PKn, kebanyakan siswa mendapat nilai di bawah KKM.

Model pembelajaran dapat menjadi alternative dalam pembelajaran PKn dan dapat memberikan suasana baru dalam pembelajaran. Salah satu jenis model pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan PKn yaitu kooperatif learning. Jenis kooperatif learning dalam hal ini peneliti menekankan kooperatif learning model TGT (Teams Games Tournaments). Model TGT ini merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa ke dalam kelompok menurut kemampuan, jenis kelamin,dan suku yang berbeda. Hal ini senada dengan pendapat Isjoni (2009) mengemukakan bahwa model pembelajaran TGT adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku atau ras yang berbeda. Dengan model TGT dalam pembelajaran PKn diharapkan pembelajaran PKn dapat meningkat baik dari proses maupun hasil belajarnya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses model pembelajaran TGT dan apakah terdapat kelebihan dan kekurangan penggunaan model TGT dalam peningkatan pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses model pembelajaran TGT dan untuk mendeskripsikan adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan model TGT dalam peningkatan pembelajaran PKn.
#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Jurnal - Model Pembelajaran TGT Dalam Peningkatan Pembelajaran Pkn

Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Model Pembelajaran TGT Dalam Peningkatan Pembelajaran Pkn, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran