Abstrak: Penggunaan Metode Sing S Song dalam Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD menggunakan metode sing a song. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus dua pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Sangubanyu semester 2 sejumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan metode Sing a Song dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD. Berdasarkan penilaian hasil diketahui persentase siswa yang tuntas mengalami peningkatan yaitu dari kondisi awal 41,18% menjadi 82,35% pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,23%, dan pada siklus III menjadi 94,12%. Peningkatan yang terjadi dari sebelum tindakan sampai siklus III adalah 52,94%.Kata Kunci: Metode, sing a song, pembelajaran, bahasa Inggris.
Abstract: The using of Sing a Song Method in Improving Vocabulary Mastery English Learning in the Fifth Grade Students Elementary School. The purpose of this study is to increase vocabulary mastery English Learning in the fifth class primay school with sing a song method. This research utilize Classroom Action Research (CAR). Actions observational procedure consists of planning, action, observation, and reflection. Action performing is performed in three cycles, each cycle two appointments. The subjects were elementary school students in fifth grade state Sangubanyu 1 with total 17 students. Data collection techniques using observation, interviews, and tests. Data analysis using qualitative analysis data technique. The validation of data is using triangulation technique. The conclusions show the Sing a Song method can increase English vocabulary mastery for the fifth grade students state elementary school. According to the result can to be known complete student percentage experience step-up which is of condition of startup 41,18% as 82,35% on I cycle, on cycle II experience step-up as 88,23%, and on III cycle as 94,12%. Happening step-up of before action until III cycle is 52,94%.
Keywords: method, sing a song, learning, English.bisnis, dan hiburan.
Pendahuluan
Terlebih fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa Inggris yang sekarang ini sebagai bahasa internasional sangat penting sekali untuk dikuasai. Bahasa Inggris juga salah satu bahasa internasional dan ini dipergunakan di seluruh dunia. Di Indonesia, Bahasa Inggris sebagai satu bahasa asing dan merupakan salah satu subyek wajib pada kurikulum. Bahasa Inggris telah diajarkan di sekolah seperti salah satu subyek utama dari Sekolah Dasar hingga universitas. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris agar mengembangkan Bahasa Inggris sebagai satu bahasa detik. Menyadari kenyataan pentingnya bahasa Inggris di masa depan, maka pembelajaran bahasa Inggris sedini mungkin harus diterapkan di sekolah-sekolah supaya siswa mendapatkan kosakata bahasa Inggris dengan jumlah banyak. Pembelajaran bahasa Inggris terintegrasi dalam empat keterampilan yaitu mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing) yang kesemuanya itu minimal harus dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 1 Sangubanyu, para guru lebih memilih pembelajaran konvensional tanpa media pembelajaran yang digunakan. Sebagai contoh, guru yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Inggris belum mencapai apa yang digariskan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari fenomena yang ada di kelas V SD Negeri 1 Sangubanyu yaitu, 1) guru dalam mengerjakan tugas mulia mereka tanpa persiapan sama sekali, 2) proses pembelajaran yang berlangsung hanya sebatas ceramah. Pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SD Negeri 1 Sangubanyu Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen jika ditelusuri secara keseluruhan adalah kurangnya penggunaan metode dan media dalam pembelajaran. Pembelajaran lebih banyak melalui latihan-latihan tertulis dan melafalkan kata atau tata bahasa Inggris.
Bahkan ada siswa yang takut ketika ada pelajaran bahasa Inggris karena merasa tidak bisa. Ada juga yang menjadi malas karena hanya disuruh membaca dan menerjemahkan. Jadi siswa menjadi kurang aktif di dalam pembelajaran. Dari hasil belajar yang diperoleh siswa rata-rata 60,35 padahal batas KKM mata pelajaran bahasa Inggris di SD Negeri 1 Sangubanyu adalah 65, sedangkan KKM peneliti adalah 75. Oleh karena itu seorang pengajar harus bisa memilih metode dan media dalam pembelajaran, dengan tujuan agar pembelajaran bahasa Inggris lebih bermakna, dan dengan kebermakanaan tersebut hasil belajar bisa lebih meningkat.
Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu strategi dalam pembelajaran bahasa Inggris yang mendorong dan merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran, agar siswa mau bersuara ketika melafalakan kosakata yang mereka ucapkan, yaitu salah satunya dengan Metode Sing a Song. Metode ini menawarkan kepada peserta didik untuk belajar sambil bernyanyi. Menurut Fandy’s ( 2010 ) Metode pembelajaran ini, sangat mudah digunakan dalam proses belajar mandiri maupun kelompok. Metode ini tidak jauh beda dengan metode yang lain, yang membedakan hanyalah media yang digunakan selama proses pembelajaran.
Media tesebut berupa teks lagu dalam bahasa Inggris sebagai media utama. Pada kegiatan pembelajaran dengan metode sing a song, siswa menerima materi pelajaran yang terkandung dalam lagu dari guru sebagai tahap awal dari proses belajar dan pembelajaran. Pemahaman yang dimaksudkan yaitu siswa mampu memahami konsep unsur-unsur bahasa melalui proses
pengenalan lagu. Berdasarkan kenyataan dan permasalahan sebagaimana di atas, maka peneliti mencoba mengadakan penelitian tindakan kelas yang setidaknya mampu meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan Bahasa Inggris melalui peningkatan penguasaan kosakata.
Oleh karena itu peneliti mengajukan penelitian tindakan kelas dengan judul ”Penggunaan Metode Sing A Song dalam Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sangubanyu Tahun Ajaran 2012/2013”.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimana langkah-langkah penggunaan metode sing a song yang dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD?, 2) apakah penggunaan metode sing a song dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD?, dan 3) apakah kendala dan solusi penggunaan metode sing a song dalam meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode sing a song dalam meningkatan pemahaman kosakata Bahasa Inggris siswa Kelas V SD, 2) untuk meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD, dan 3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan metode sing a song dalam meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD.
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Download Jurnal - Penggunaan Metode Sing A Song Dalam Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris
Sekian artikel mengenai Jurnal - Penggunaan Metode Sing A Song Dalam Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Bahasa Inggris
Download Contoh Jurnal Tentang Metode Pembelajaran