-->

Jurnal - Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

Abstract. The Using of Natural Material Media in Improvement Print Arising Skills. The purpose of this research is to describe the measures of media use of natural materials to provide information about the use of natural materials in improving print arising skills of second grade students State Elementary School Lemahduwur. This research is classroom action research (CAR). The research was conducted in three cycles, each cycle consisting of two meetings. This research subjectis second grade students elementary school Lemahduwur. Source data from students and colleagues. Engineering data collection using observation, testing, and questionnaires. The validity of data is triangulation data. Data analysis with quantitative, qualitatif, and comaparatif description. Procedure flow research is interrelated activities which includes planning, action, observation, and reflection. The results showed that the learning media uses natural materials with appropriate measures to improve the print arising skills of second grade students state elementary school Lemahduwur.

Abstrak. Penggunaan Media Bahan Alam dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media bahan alam memberikan informasi tentang penggunaan media bahan alam dalam meningkatkan keterampilan mencetak timbul siswa kelas II SDN Lemahduwur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Lemahduwur Sumber data berasal dari siswa dan teman sejawat. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan angket. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan komparatif. Prosedur penelitian berupa alur kegiatan berulang yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunaan media bahan alam dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan keterampilan mencetak timbul siswa kelas II SDN Lemahduwur.
Kata Kunci: media bahan alam, keterampilan mencetak timbul


PENDAHULUAN

Pendidikan SBK diberikan di se-kolah dasar karena keunikan, kebermak-naan, kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkem-bangan peserta didik. (Depdiknas, 2006: 127). Berdasarkan hasil observasi di SDN Lemahduwur Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, peneliti menemukan Kenyataan bahwa pembelajaran SBK kurang berkembang. Kegiatan pembelajar-an SBK umumnya diisi dengan menyanyi dan menggambar. Mencetak timbul adalah salah satu materi kelas II semester 2. Ma-teri cetak timbul berupa kegiatan mence- tak dengan menggunakan benda atau ba-han yang diolesi tinta atau pewarna ke-mudian dicetak pada kertas. Bahan yang digunakan untuk membuat cetak timbul bi-asanya berupa daun dan pelepah daun pi-sang.

Pelaksanaan pembelajaran tentang mencetak timbul pada siswa kelas II SDN Lemahduwur juga belum dilaksanakan secara maksimal. Keadaan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, diantara-nya faktor dari dalam diri dan faktor dari luar diri siswa. Faktor dari dalam berupa faktor fisik dan psikis, sedangkan faktor dari luar berupa perhatian orang tua sekolah khususnya guru, dan lingkungan. Fak-tor yang berasal dari guru antara lain hu-bungan guru dengan siswa, karakteristik guru, tuntutan standar yang terlalu tinggi, metode mengajar yang monoton, alat pera-ga dan media, sarana, dan kurikulum(Pad-mono, 2002: 104).

Siswa kelas II sekolah dasar umum-nya berusia 7-8 tahun. Menurut Piaget, pa-da usia tersebut dalam tahap operasional konkret (Semiawan, 1999: 272). Pada ta-hap ini siswa belajar menggunakan benda-benda nyata. Benda-benda nyata dapat be-rupa bahan alam yang terdapat di lingku-ngan sekitar. Bahan alam dapat menunjang pembelajaran SBK materi cetak timbul a-palagi kegiatan pembelajaran mencetak timbul yang dilakukan di SDN Lemahdu-wur biasanya hanya menggunakan daun dan pelepah daun pisang. Hal tersebut membuat siswa kurang terampil dalam mencetak timbul.

Menurut Cronbach, keterampilan da-pat diuraikan dengan kata seperti otomatik, cepat, dan akurat. Keterampilan didapat se-cara langsung dengan cepat dan akurat (Meitasari & Muslichah, 2001: 154). Pen-dapat lain dari Cahyo (2008) yang menya-takan bahwa keterampilan adalah usaha untuk memperoleh kompetensi cekat, ce-pat, dan tepat dalam menghadapi permasa-lahan belajar. Keterampilan dirancang se-bagai proses belajar untuk mengubah pe-rilaku siswa menjadi cekatan, cepat, dan tepat sesuai kompetensi yang ingin dicapai. Berdasarkan pendapat tersebut dapat di-simpulkan bahwa keterampilan adalah pro-ses penciptaan atau menyelesaikan tugas karya dengan cepat, cekatan, dan akurat.

Menurut Briggs (1970) media adalah segala alat fisik yang menyajikan peran serta perangsang peserta didik untuk bel-ajar (Sumantri & Permana, 2001: 152). Rossi dan Breidle mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk men-capai tujuan pen-didikan seperti radio, televisi, buku, Koran, majalah, dan seba-gainya (Sanjaya, 2006: 163). Dengan de-mikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran untuk me-nyampaikan tujuan pembelajaran dari sum-ber belajar (guru) ke penerima belajar (sis-wa).

Bahan alam yaitu bahan yang lang-sung diperoleh dari alam (Sudjana, 2011: 1).Bahan alam adalah bahan yang diper-oleh dari alam untuk membuat suatu pro-duk atau karya. Bahan alam dapat di-man-faatkan sebagai media dalam belajar. Menurut Chayat (2010), bahan-bahan alam yang dapat dimanfaatkan antara lain: batu-batuan, kayu dan ranting, biji-bijian, daun, pelepah, bambu, dan lain sebagainya.Ber-dasarkan pengertian tersebut dapat disim-pulkan bahwa media bahan alam adalah a-lat dan bahan yang digunakan dalam pem-belajaran untuk menyampaikan tujuan pembelajaran dari sumber belajar (guru) ke penerima belajar (siswa) yang berasal dari lingkungan alam sekitar. Oleh karena itu peneliti menggunakan media bahan alam dalam meningkatkan keterampilan men-cetak timbul siswa kelas II SDN Lemahdu-wur. Tujuan penelitian adalah untuk men-deskripsikan langkah-langkah penggu-naan media bahan alam dan memberikan infor-masi tentang penggunaan media bahan a-lam dalam meningkatkan keterampilan mencetak timbul siswa kelas II SDN Lemahduwur.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai Jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul

Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran