-->

Jurnal - Penggunaan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penggunaan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The Application Quantum Teaching Model to Improving Science Learning in V Grade State Elementary School. The purpose of this research was to describe of Quantum Teaching model in improving the process and learning result of science learning V grade,. This research uses classroom action research techniques.The subject of this research are students of V grade State Elementary School Pandansari. They are 13 male students and 17 female students. This research in three cycles and every cycles consist of two meeting. The results showed that the use of Quantum Teaching, can improve the process and learning result Science Learning in V grade student. Selection of the appropriate model is an alternative in learning science.Keyword: Quantum Teaching, Learning. Science.

Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar, meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Pandansari yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA di kelas V. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh.
Kata Kunci: Quantum Teaching, Pembelajaran, IPA


PENDAHULUAN

Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) merupakan penanaman seperangkat pengetahuan yang diperoleh siswa melalui pengalaman belajarnya di sekolah. Dengan kata lain pendidikan di sekolah dasar merupakan dasar dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa yang akan datang. Menanamkan pengetahuan di tingkat SD merupakan hal yang paling penting, karena pada masa ini otak anak usia SD ibarat busa yang mudah menyerap sejumlah besar informasi tentang dunia yang menakjubkan di sekelilingnya.

Pada hakikatnya pendidikan merupakan serangkaian peristiwa yang kompleks yang melibatkan beberapa komponen antara lain: tujuan, peserta didik, pendidik, isi (bahan), cara (metode) dan situasi (lingkungan). Hubungan ke enam faktor tersebut berkaitan satu sama lain dan saling berhubungan dalam suatu aktifitas satuan pendidikan. Ada banyak faktor yang turut menentukan kualitas pendidikan, seperti masukan (siswa), sarana, manajemen, kurikulum, dan faktor-faktor instrumental serta faktor eksternal. Mengingat peranan strategis guru dalam setiap upaya peningkatan kualitas, relevansi, inovasi, dan efisiensi pendidikan, maka salah satu komponen yang sangat menentukan keberhasilan upaya tersebut adalah guru, khususnya peningkatan profesionalisme. Guru perlu melaksanakan strategi pembelajaran yang tepat sebagai upaya guru dalam menciptakan suatu lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar yang kondusif. Guru sebagai unsur pokok penanggung jawab terhadap pelaksanaan dan pengembangan proses belajar mengajar, diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan transformasi ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa.

Untuk mencapai efektifitas dan efisiensi tersebut, maka diperlukan adanya strategi yang tepat dalam mencapai tujuan belajar mengajar yang diharapkan. IPA merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan dan memiliki sikap ilmiah. Pendidikann Sains sekolah dasar
bermanfaat bagi siswa untuk mempelajari tentang diri sendiri dan alam sekitar (Ahmadi dan Supatmo, 2008: 1). Dalam hal ini, siswa memerlukan bimbingan dari guru untuk mempelajari tentang diri sendiri dan alam sekitar.

Menurut KTSP (2007: 105) Pembelajaran IPA SD adalah pembelajaran menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk  mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat
sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Pembelajaran IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga proses penemuan” (Hlm. 82).

Menurut Iskandar (2001); Sapriati (2008); Sulistyorini (2007); Sutarno (2009) serta Sutrisno, dkk (2007) berpendapat bahwa pembelajaran IPA adalah proses mengumpulkan fakta-fakta dan cara menghubungkan fakta-fakta untuk diinterpretasikan. IPA disusun dan diperoleh melalui metode ilmiah. Dalam proses ini diperlukan serangkaian langkah-langkah yang disebut keterampilan proses. Keterampilan proses merupakan serangkaian langkah-langkah kegiatan yang biasanya ditempuh oleh para ilmuwan untuk mendapatkan atau menguji suatu pengetahuan yang dapat berupa konsep atau prinsip. Keterampilan proses tersebut meliputi observasi, klasifikasi, inferensi, interpretasi data, prediksi, hipotesis, mengendalikan variabel, penelitian, mengukur, komunikasi ilmiah dan lainnya. Untuk itu mata pelajaran IPA tidak diberikan hanya sebagai pengetahuan saja, akan tetapi lebih dari itu bagaimana menyiapkan anak menjadi seorang yang mampu menyelidiki, menyusun, maupun menguji gagasan-gagasan. Hal tersebut sesuai dengan simpulan Cain dan Evans (1990) menyatakan bahwa di sekolah dasar guru harus berpikir, bahwa IPA bukanlah pengetahuan dan fakta yang dimemori, akan tetapi sebagai suatu kerja, kegiatan, tindakan, dan penyelidikan (Padmono, 2012: 85).

Selanjutnya Sapriati, dkk (2008) berpendapat, “Siswa SD pada umumnya berada dalam usia yang masih senang bermain, senang melakukan kegiatan, memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka tertarik untuk melakukan penggalian, melakukan kegiatan, melakukan permainan, mendapatkan pengalaman yang bervariasi, memenuhi rasa keingintahuanya” (hlm. 2.5).Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP, 2007) tujuan pembelajaran IPA di SD/MI adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: 1) Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaanNya, 2) Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, 3) engembangkan rasa ingin tahu, sikap posesif dan kesadaran tentang teknologi dan masyarakat, 4) Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan, 5) Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam, 6) Meningkakan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan, 7) Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkann ke tingkat jenjang pendidikan yang lebih tinggi (SMP/MTs).

Kurikulum IPA lebih menekankan siswa untuk menjadi pebelajar aktif dan luwes. Kurikulumnya menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses IPA. Pemahaman ini bermanfaat bagi peserta didik agar dapat:1) menghargai isu lokal,
nasional, kawasan, dunia, sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan etika; 2) menilai secara kristis perkembangan dalam IPA dan teknologi serta dampaknya; 3) memberi sumbangan terhadap kelangsungan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; dan 4) memilih karier yang tepat (Sapriati, dkk, 2008).

Dari uraian hakikat dan tujuan pembelajaran IPA di SD secara nyata menunjukan bahwa, IPA tidak hanya disajikan sebagai sekumpulan pengetahuan (body knowledge) yang hanya dimemori. Akan tetapi bagaimana anak aktif bekerja, melakukan aktivitas tangan (hands-on activity) dengan manipulasi materi, sehingga anak memperoleh pengalaman nyata, langsung,
dan bermakna, serta menumbuhkan minat untuk mempelajari lingkungan dan berkembangnya dasar-dasar keterampilan proses memperoleh informasi ilmiah.

Kenyataan menunjukan bahwa pembelajaran IPA di SD Negeri 4 Pandansari hanya menekankan pada pemberian informasi ilmiah bukan bagaimana memberikan bekal pada siswa untuk memiliki keterampilan untuk memperoleh informasi ilmiah. Guru menggunakan model pembelajaran yang masih konvensional yaitu ketika guru mengajar di kelas terkadang hanya mengejar target kurikulum dan hanya sekadar hafalan dan mengingat fakta saja. Dari pengamatan peneliti selama ini, saat kegiatan belajar IPA berlangsung, guru hanya berceramah dan menggunakan media gambar (abstrak) dalam menyampaikan materi sehingga sebagian siswa malas untuk mencatat rangkuman materi dari guru, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan mereka justru asyik bergurau dan bermain dengan teman.

Dengan model pembelajaran yang konvensional seperti ini siswa kurang minat belajar, siswa hanya sebagai objek yang cenderung pasif sehingga pembelajaran IPA kurang bermakna dan terasa membosankan bagi siswa yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran yang menekankan pada memori tidak berarti, abstrak dan sulit bagi anak.

Berdasarkan data yang peneliti peroleh mengenai taraf serap mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 4 Pandansari pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 hanya mencapai KKM atau nilai 75 hanya 60% saja. Ini menunjukan bahwa pencapaian target masih belum memuaskan. Dengan kata ain prestasi yang telah dicapai siswa kelas V untuk mata pelajaran IPA masih kurang.Untuk mengatasi kondisi pembelajaran di atas, perlu dilakukan pengembangan pengajaran yang bersifat menyeluruh yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai. Pengembangan pengajaran tersebut dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan kecakapan hidup anak, penyesuaian diri anak, dan pencapaian target anak dalam kehidupanya di masa mendatang. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara optimal adalah model pembelajaran quantum teaching.

Pembelajaran Quantum Teaching adalah menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas (DePorter, Reardon, & Singer-Nourie, 2009). Sedangkan menurut Anitah (2009) model pembelajaran Quantum Teaching yaitu suatu model pembelajaran yang meciptakan pembelajaran yang bergairah dan menyenangkan.

Langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching lebih dikenal dengan akronim, “TANDUR” (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan), dimana unsur-unsur ini membentuk basis struktural keseluruhan yang melandasi Quantum Teaching (DePorter, Reardon, & Singer-Nourie, 2009) . Langkah-langkah model pembelajaran Quantum Teaching yang dilaksanakan adalah a) Tumbuhkan, guru menyampaikan kepada siswa apa yang hendak mereka pelajari dan mengapa hal itu penting. Timbulkan rasa ingin tahu siswa dengan demonstrasi yang menimbulkan teka-teki, masalah kehidupan nyata, atau cara lain; b) Alami, guru mengajak siswa masuk ke dalam materi yang akan diajarkan dengan cara memberikan permainan yang ada hubunganya dengan materi yang akan diajarkan dan  siswa akan mendapatkan pengalaman dari permainan tersebut; c) Namai, siswa dengan bantuan guru menyimpulkan materi pembelajaran berdasarkan pengalaman yang baru saja dilakukan; d) Demonstrasikan, siswa secara berkelompok mendemonstrasikan cara mengerjakan sesuatu; e) Ulangi, siswa bersama guru mengulang dan merangkum materi pelajaran yang telah dipelajari; f) Rayakan, pada akhir pembelajaran guru memberi apresiasi yang baik kepada semua siswa dari apa yang sudah didapatkan dari materi tersebut.

Penyajian dalam pembelajaran quantum teaching merupakan model pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Oleh karena itu model ini perlu dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Kenyataannya, model pembelajaran tersebut belum banyak diterapkan dalam proses pendidikan di Indonesia. Di samping model itu tergolong baru dan belum banyak dikenal oleh komunitas pendidikan di lndonesia, kebanyakan guru lebih suka mengajar dengan model konvensional, yaitu model pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centred instruction). Guru bertindak sebagai satu-satunya sumber belajar, menyajikan pelajaran dengan metode ceramah, latihan soal atau drill, dengan sedikit sekali atau bahkan tanpa media pendukung. Guru cenderung bersikap otoriter, suasana belajar terkesan kaku, serius, dan mati. Hanya gurunya yang aktif (berbicara), siswanya pasif. Jika siswa tidak dapat menangkap materi pelajaran, kesalahan cenderung ditimpakan kepada siswa. Dinding kelas dibiarkan kosong atau jika ada mading kebanyakan hanya berupa gambar pahlawan. 'I'idak ada ikon-ikon yang membangkitkan semangat dan rasa percaya diri siswa. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang segera. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inovasi di bidang pembelajaran.

Pembelajaran dengan model pembelajaran quantum teaching seperti diuraikan secara singkat di atas diduga dapat mempercepat peningkatan mutu pendidikan melalui penyelenggaraan proses pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu model pembelajaran tersebut perlu direspons secara positif, dalam arti diterapkan. Hal ini agar produk pendidikan di Indonesia ke depan tidak terlalu jauh tertinggal dari produk pendidikan negara-negara yang sudah terlebih dahulu maju sebagaimana kita rasakan dewasa ini.

Berdasarkan alasan tersebut, Peneliti ingin memecahkan masalah dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching, karena strategi tersebut bisa diterapkan di sekolah dasar. Bobbi DePorter (2009:4) menyatakan, “Quantum Teaching mencakup petunjuk spesifik, untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, merancang kurikulum, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar”. Quantum Teaching memiliki perancangan pengajaran sebagai berikut: pertama tumbuhkan, kedua alami, ketiga namai, keempat demonstrasikan, kelima ulangi, keenam rayakan. Jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan (DePorter, Reardon, & Singer-Nourie, 2009: 10). Dengan demikian pembelajaran IPA dengan model pembelajaran quantum teaching akan membuat siswa kelas V lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga diharapkan pembelajaran IPA akan meningkat.

Peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini antara lain:
1. Bagaimana penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 4 Pandansari Tahun Ajaran 2012/2013?
2. Apakah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 4 Pandansari Tahun Ajaran 2012/2013?

Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 4 Pandansari Tahun Ajaran 2012/2013
2. Meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 4 Pandansari Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penggunaan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran