-->

Jurnal - Penggunaan Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Peningkatan Pembelajaran

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Peningkatan Pembelajaran, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The Using Cooperative Learning Teams Games Tournament Type in Increase Mathematics Learning in The Fifth Grade Student Elementary School. This research have purpose to: 1) increase the learning of Mathematics in the fifth grade elementary school using cooperative learning Teams Games Tournament type, 2) describe the excesses and shortages of the use of cooperative learning Teams Games Tournament in improving mathematics learning in the fifth grade elementary school. This research is a classroom action research conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The data analysis technique consists of three components, that is data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results show that the use of cooperative learning Teams Games Tournament type can increase learning of Mathematics in the fifth grade elementary school.
Keywords: Teams Games Tournament, Mathematics, learning

Abstrak: Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas V SD dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, 2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam peningkatan pembelajaran Matematika di kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas V SD.
Kata kunci: Teams Games Tournament, pembelajaran Matematika


PENDAHULUAN

Matematika diajarkan di SD dengan semua ruang lingkup materi pada semua kelas serta dengan jumlah jam yang relatif lebih banyak bila dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Meskipun Matematika mempunyai jam yang relatif paling banyak, tetapi kenyataan menunjukkan bahwa Matematika di SD masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit.

Salah satu materi pada mata pelajaran Matematika yaitu pecahan yang diajarkan di kelas V semester 2. Penyelesaian soal operasi hitung bilangan pecahan membutuhkan pemahaman konsep yang lebih sulit dibandingkan dengan operasi hitung bilangan bulat, hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi siswa untuk menyelesaikan soal tentang operasi hitung pecahan.

Berdasarkan hasil pengamatan dan informasi yang diperoleh dari guru dan siswa kelas V SDN Peneket, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam mata pelajaran Matematika khususnya pada pokok bahasan operasi hitung pecahan. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa yang masih rendah khususnya pada materi operasi hitung pecahan. Kebanyakan siswa masih cenderung kesulitan dalam menghitung operasi pecahan, khususnya pada operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan yang mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Keberhasilan belajar Matematika siswa juga sangat dipengaruhi oleh peran guru dalam proses pembelajaran. Upaya-upaya untuk menunjang keberhasilan pembelajaran adalah dengan digunakannya model atau metode pembelajaran maupun media pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik siswa dan Matematika itu sendiri. Penggunaan metode pembelajaran konvensional yang masih dominan di SD Negeri Peneket yaitu metode ceramah, membuat siswa kurang termotivasi untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa akan merasa bosan dan kurang berminat dalam proses pembelajaran karena dalam metode pembelajaran konvensional pembelajaran hanya terpusat pada guru, siswa kurang leluasa untuk aktif dan berkreasi dalam pembelajaran yang akhirnya bisa membuat konsentrasi siswa kurang terfokus pada pembelajaran. Hal tersebut membuat minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran rendah.

Oleh sebab itu, perlu diterapkannya model pembelajaran yang efektif dan inovatif yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa serta membangkitkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat diperoleh keberhasilan pembelajaran yang diinginkan. Berkaitan dengan hal tersebut model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) merupakan suatu model pembelajaran yang dirasa tepat dan efektif dalam upaya peningkatkan kemampuan dan pembelajaran matematika siswa kelas V SD, khususnya dalam menyelesaikan masalah pada operasi hitung pecahan.

Isjoni (2011) berpendapat bahwa TGT adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku atau ras yang berbeda. Guru menyajikan materi, dan siswa bekerja dalam kelompok mereka masing-masing.

Slavin (2005) mengatakan bahwa TGT menggunakan turnamen akademik, dan menggunakan kuis-kuis dan system skor kemajuan individu, di mana para siswa berlomba sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim lain yang kinerja akademik sebelumnya setara seperti mereka. Trianto (2009) menyatakan bahwa secara runtut implementasi TGT terdiri dari 4 komponen utama, antara lain: 1) presentasi guru, 2) kelompok belajar, 3) turnament dan 4) penghargaan kelompok.

Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dalam peningkatan pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Peneket tahun ajaran 2011/2012. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Apakah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Peneket tahun ajaran 2011/2012? 2) Bagaimanakah kelebihan dan kekurangan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam peningkatan pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Peneket tahun ajaran 2011/2012?

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas V SDN Peneket tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, 2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam peningkatan pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Peneket tahun ajaran 2011/2012.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai Jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Peningkatan Pembelajaran

Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Peningkatan Pembelajaran, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran