-->

Jurnal - Penggunaan Metode Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penggunaan Metode Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

ABSTRAK. Penggunaan Metode Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa Kelas II SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas II SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD yang berjumlah. Data penelitian ini berupa data mengenai hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan tes evaluasi pada setiap akhir siklus, dan mengenai kinerja guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data yang berupa data kuantitatif (berupa nilai). Sedangkan data yang berupa data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut terbukti pada nilai rata-rata kelas yang pada tes awal hanya 55,4 menjadi 73,8 pada siklus pertama dan pada siklus kedua menjadi 86,9.Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar, IPA

ABSTRACT. The Using Of Quantum Teaching Methode To Improve The Results Learning Of Science The Second Grade Of Elementary School. The purpose of this study is to improve the results of second grade student. This study used classroom action research methods. The subject of this research are second grade student. This research data is data about student learning outcomes, and on the performance of teachers and students in learning activities. The analysis technique used is the data in the form of quantitative data (a value). While the data in the form of qualitative data observations using qualitative descriptive analysis based on the observation and reflection of each cycle. Based on the results of this study concluded that the used of Quantum Teaching methods can improve student outcomes learning. This is evident in the average classroom at the beginning of the test is only 55,4 to 73,8 in the first cycle and second cycle to be 86,9.
Key word: Quantum Teaching, learning outcomes, science


Pendahuluan

Dewasa ini kesadaran tentang pentingnya pendidikan bagi suatu bangsa tidak menjadi monopoli masyarakat di negara maju saja, tetapi sudah merambat ke semua bangsa, bahkan kesadaran tersebut sudah menjadi gerakan internasional yang dikemas dengan istilah “Educational For All”. Pendidikan sebagai proses yang melibatkan beberapa unsur yang saling berhubungan yang meliputi guru, siswa, sarana prasarana, kurikulum siswa dan pengelola, diharapkan mampu menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. Guru sebagai unsur pokok penanggung jawab terhadap pelaksanaan dan pengembangan proses belajar mengajar, diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan transformasi ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa.

Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi tersebut, maka diperlukan adanya metode yang tepat dalam mencapai tujuan belajar mengajar yang diharapkan. Berdasarkan keterangan di atas dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran di suatu sekolah pada hakikatnya adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk membuat siswa belajar. Dengan demikian kegiatan di kelas atau di sekolah yang tidak membuat siswa belajar tidak dapat disebut sebagai proses pembelajaran.

Keberhasilan proses pembelajaran sebagai proses pendidikan di suatu sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut misalnya guru, siswa, kurikulum, lingkungan sosial, dan lain-lain. Dari faktor-faktor itu, guru dan siswa merupakan faktor terpenting. Pentingnya faktor guru dan siswa tersebut dapat dilihat melalui pemahaman hakikat pembelajaran, yakni sebagai usaha sadar guru untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan kebutuhan minatnya.

Kenyataannya, siswa secara individual lebih-lebih siswa SD tidak dapat berbuat banyak tanpa adanya campur tangan guru. Sebaliknya, gurupun tidak dapat berbuat banyak untuk keberhasilan pembelajaran tanpa mendapatkan kerja sama yang baik dari siswa. Oleh karena itu, antara guru dan siswa harus terjalin kerja sama yang baik demi terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan secara optimal.

Sistem pendidikan di sekolah dasar yang masih menggunakan sistem guru kelas, tidak menutup kemungkinan banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan belajar mengajar yang diharapkan. Guru dituntut untuk mengejar target materi yang cukup banyak dan harus diselesaikan pada setiap semester. Salah satu dampak buruk yang tidak bisa dihindari adalah kurang terfokusnya konsentrasi guru. Saat guru sedang mengajarkan tentang suatu mata pelajaran tertentu, ia masih harus memikirkan pembelajaran untuk mata pelajaran berikutnya, yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh siswa.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 2 Kemirilor, khususnya siswa kelas II, dari sekian banyak mata pelajaran yang diajarakan, ternyata mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh, bahwa untuk pokok bahasan Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat, nilai ratarata yang diperoleh siswa adalah 5,8 dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6,1 dan untuk pokok bahasan Perubahan Wujud Suatu Benda nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 5,9 dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam pencapaian target serapnya rendah atau bisa dikatakan sebagai mata pelajaran yang sulit bagi siswa.

Mata pelajaran IPA memerlukan banyak variasi metode, media, maupun sumber belajar, karena dalam mata pelajaran IPA terdapat materi yang memerlukan praktek kerja langsung. Melalui praktek, siswa akan memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru. Oleh karena itu, keberhasilan pengajaran IPA juga bergantung pada keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar, sedangkan keberhasilan siswa tidak hanya tergantung pada sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum maupun metode, akan tetapi guru mempunyai posisi yang sangat strategis dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam penggunaan metode pembelajaran yang tepat.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, pada kenyataannya selama ini kebanyakan guru lebih suka mengajar dengan metode konvensional, yaitu model pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centred instruction) guru bertindak sebagai satu-satunya sumber belajar, menyajikan pelajaran dengan metode ceramah, latihan soal atau drill, dengan sedikit sekali atau bahkan tanpa media pendukung. Guru cenderung bersikap otoriter, suasana belajar terkesan kaku, serius, dan mati. Hanya guru saja yang aktif (berbicara) sedangkan siswa bersifat pasif (mendengarkan). Jika siswa tidak dapat menangkap materi pelajaran, kesalahan cenderung ditimpakan kepada siswa. Dinding kelas dibiarkan kosong atau jika ada hanya mading kebanyakan hanya berupa gambar pahlawan. Tidak ada ikon-ikon yang membangkitkan semangat dan rasa percaya diri siswa. Dengan kata lain, proses pembelajaran tidak memberdayakan, membosankan dan proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara optimal.

Akibatnya mutu pendidikan sangat rendah. Rendahnya mutu pendidikan di tersebut memerlukan penanganan yang segera. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inovasi di bidang pembelajaran. Pembelajaran dengan metode pembelajaran Quantum Teaching diduga dapat mempercepat peningkatan mutu pendidikan melalui penyelenggaraan proses pembelajaran yang berkualitas. Berdasar alasan tersebut, penulis ingin memecahkan masalah dengan metode pembelajaran Quantum Teaching, karena metode tersebut bisa diterapkan di sekolah sekolah dasar. Seperti yang dikatakan oleh Porter (dalam Nilandri, 2009: 4) menyatakan bahwa Quantum Teaching mencakup petunjuk spesifik untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, merancang kurikulum, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar.

Dengan metode Quantum Teaching, guru dapat melakukan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, yaitu sesuai dengan tahap berpikir operasional konkret. Salah satu metode pembelajaran yang akan dilakukan dalam metode Quantum Teaching ini adalah metode permainan dan sosiodrama. Dengan permainan dan sosiodrama, siswa akan bermain sambil belajar dalam suasana yang menyenangkan, sehingga siswa tidak akan merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung. Jika siswa merasa senang dalam belajar, maka diharapkan mereka akan dengan mudah menerima materi yang diberikan oleh guru dan hasil belajar yang diperoleh meningkat.

Menurut pendapat Porter (dalam Nilandri, 2009: 5), “Quantum Teaching adalah berbagai interaksi yang ada di sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Pembelajaran yang menyingkirkan hambatan yang menghalangi proses kegiatan belajar dengan cara sengaja menggunakan musik/mewarnai lingkungan sekeliling, menyusun bahan pengajaran yang sesuai pengajaran yang efektif dan banyak mengaktifkan siswa.”

Ridho (2005) mengatakan bahwa, “Quantum Teaching menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas.” Jadi, Quantum Teaching dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang di dalamnya terdapat berbagai interaksi yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan berfokus pada siswa. Asas utama Quantum Teaching menurut Porter (dalam Nilandri, 2009: 6) adalah semua aspek kepribadian manusia. Semua aspek itu meliputi pikiran, perasaan, bahasa isyarat, pengetahuan, sikap dan keyakinan serta persepsi masa mendatang. Untuk mendapatkan hak mengajar, pertama-tama guru harus membangun jembatan autentik memasuki kehidupan murid. Menurut Porter (dalam Nilandri, 2009: 7) Quantum Teaching berprinsip: (1) segalanya berbicara, (2) memiliki tujuan, (3) Pengalaman sebelum pemberian nama, (4) Semua usaha siswa harus diakui, (5) jika pantas dipelajari maka pantas dirayakan.

Dalam pelaksanaannya Quantum Teaching melakukan langkah-langkah pengajaran dengan enam langkah yang dikenal dengan istilah sistem TANDUR, yaitu: (1) Tumbuhkan, (2) Alami, (3) Namai, (4) Demonstrasikan, (5) Ulangi, dan (6) Rayakan. Surahmad menjelaskan bahwa “Di dalam proses pembelajaran selalu ditekankan pengertian interaksi yaitu hubungan aktif multi arah antara pendidik dan peserta didik, peserta didik dengan peserta yang didik lainnya, pendidik dan peserta didik dengan sumber belajar. Hal-hal yang dapat dilakukan guru agar siswa aktif adalah: (1) Diadakan kuis; (2) Belajar di luar kelas; (3) Mengadakan tanya jawab; (4) Membuat dalam bentuk permainan; (5) Kerja kelompok.

Berdasarkan uraian di atas rumusan masalahnya adalah: Apakah penggunaan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas II SD Negeri 2 Kemirilor?

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas II SDN 2 Kemirilor dengan metode Quantum Teaching.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Metode Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penggunaan Metode Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)