-->

Jurnal - Penggunaan Media Flashcards Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penggunaan Media Flashcards Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The Using of Flashcards Media in Improving English Learning Outcomes Fifth Grade Students Of Elementary School. The purposes of this research was (1) to describe the steps in the implementation of flashcards media in improving English learning outcomes fifth grade elementary school, (2) identify obstacles and solutions in the application of flashcards media in learning English in the fifth grade of elementary school. This research is a class room action research (CAR). The experiment was conducted in three cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The results show that: (1) the using of learning steps flashcards media can be run according to the scenario, (2) the using of flashcards media can improve learning outcomes English fifth grade elementary school students. In the pre-action mastery percentage reached 6% of students, having performed the action in the first cycle of students completeness percentage increased to 91%, in the second cycle decreased to 88% and the third cycle increased to 97%. Keywords: flashcards media, learning outcomes, English

Abstrak: Penggunaan Media Flashcards dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan langkah-langkah media Flashcards dalam peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V sekolah dasar, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan media Flashcards dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penggunaan langkah-langkah pembelajaran media Flashcards dapat berjalan sesuai skenario, (2) penggunaan media Flashcards dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V sekolah dasar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa mencapai 6%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 91%, pada siklus II menurun menjadi 88% dan siklus III meningkat kembali menjadi 97%.
Kata Kunci: media Flashcards, hasil belajar, Bahasa Inggris


PENDAHULUAN

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang digunakan secara luas dalam setiap aspek kehidupan seperti pendidikan, bisnis, dan hiburan. Menyadari kenyataan pentingnya bahasa Inggris dimasa depan, maka pembelajaran bahasa Inggris sedini mungkin harus dilaksanakan di sekolah-sekolah yang merupakan salah satu upaya peningkatan kompetensi individu dalam pembelajaran bahasa. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang dianggap penting diajarkan untuk penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan pengembangan hubungan antar bangsa.

Kurikulum muatan lokal Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang mulai diajarkan di Sekolah Dasar untuk mengembangkan pengetahuan berbahasa siawa. Jika dikaitkan dengan perkembangan bahasa anak, anak sebaiknya tidak hanya belajar bahasa ibu saja, tetapi juga bahasa asing lainnya. Hal ini disebabkan karena bahasa merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan agar terciptanya komunikasi yang lancar dan efektif.

Berdasarkan hasil evaluasi di SD N Sepathi khususnya kelas V pada mata pelajaran Bahasa Inggris yaitu, nilai ratarata masih berada di bawah atau belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 60. Hal ini dikarenakan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan. Pembahasan lebih rinci dari masalah di atas yaitu, siswa belum mampu menyusun huruf-huruf menjadi kata yang bermakna dalam Bahasa Inggris, hal tersebut dikarenakan siswa belum mengerti kata apa yang akan disusun dan huruf
mana yang akan disusun terlebih dahulu. Selain itu siswa juga belum mampu menyusun kata-kata menjadi kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan siswa belum
mengetahui pola kalimat dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari subjek, predikat, dan objek. Berawal dari masalah tersebut maka menjadikan siswa juga belum bisa menterjemahkan kalimat sederhana dari bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia ataupun sebaliknya.

Menurut Nurgiantoro (2001: 165) Cakupan pengajaran Bahasa meliputi tiga komponen yaitu meliputi kompetensi kebahasaan, keterampilan berbahasa dan kesusastraan. Dalam penelitian ini akan difokuskan pada kompetensi kebahasaan karena dari masalah-masalah di atas berkaitan dengan kebahasasaan siswa. Kompetensi kebahasaan berkaitan dengan pengetahuan tentang sistem bahasa, tentang struktur, kosakata atau seluruh aspek kebahasan tersebut dan bagaimana tiap aspek tersebut saling berhubungan. Dari masalah-masalah yang telah dirincikan tersebut menyebabkan, ketika mengerjakan soal siswa menjawab soal belum membaca soalnya terlebih dahulu.

Selama ini pembelajaran yang telah dilaksanakan lebih melatih siswa untuk melakukan latihan-latihan tertulis, menghafalkan kata atau tata Bahasa Inggris, membaca dan menterjemahkan belum disertai metode, teknik atau media pembelajaran yang menarik perhatian dan minat siswa sehingga siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru.

Cara yang bisa digunakan guru untuk membantu menyampaikan dan menjelaskan materi pada siswa yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, sehingga dapat mengaktifkan siswa salah satunya adalah menggunakan media. Sri Anitah berpendapat bahwa ”Media pembelajaran adalah setiap orang, bahan, alat, atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang menjadikan pelajar menerima pengetahuan, keterampilan dan sikap” (2009: 124).

Arsyad menjelaskan “flashcards sebagai kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Flashcards biasanya berukuran 8 x 12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi. Media yang paling tepat digunakan adalah media flashcards dalam pembelajaran Bahasa Inggris khususnya untuk kelas V SD N Sepathi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimanakah penggunaan  media Flashcards untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SDN Sepathi Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2012/2013?, (2) apakah kendala dan solusi selama menggunakan media Flashcards dalam upaya meningkatka hasil belajar bahasa inggris padasiswa kelas V SDN Sepathi Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2012/2013?

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penggunaan media Flashcards yang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SDN Sepathi Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2012/2013, (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi selama mengajar menggunakan media Flashcards dalam upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa inggris siswa kelas V SDN Sepathi Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2012/2013.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Media Flashcards Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penggunaan Media Flashcards Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Bahasa Inggris
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran