-->

Jurnal - Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Kartu Domino Kata Bergambar

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Kartu Domino Kata Bergambar, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The Increasing the Mastery of English Language Vocabulary by Pictorial Word Domino Card Media Toward 5th Grade Student of State Elementary School. The research purposed are: (1) describe the using of pictorial word domino card media that can increase the mastery of English Language vocabulary toward 5th grade student (2) describe the using of pictorial word domino card media within increasing the mastery of English Language vocabulary toward 5th grade student. This research uses classroom action research method. The result of the research shows that the using of pictorial word domino card media can increase the mastery of English Language vocabulary, writing English Language vocabulary, and interpretation of vocabulary. The increasing is showed in cycle I until cycle III, in the pretest they get mean score 69, in cycle I increase become 75, in cycle II 83, and in cycle III become 86. Key Words: Domino Card, English Learning, Vocabulary

Abstrak: Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media kartu domino kata bergambar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas V SD (2) mendeskripsikan penggunaan media kartu domino kata bergambar dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penggunaan media kartu domino kata bergambar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris adalah membaca kosakata Bahasa Inggris, menulis kosakata Bahasa Inggris, dan mengartikan kosakata Bahasa Inggris. Peningkatan ditunjukkan pada siklus I sampai dengan siklus III, yang semula pada pretest mendapat nilai rata-rata 69, pada siklus I meningkat menjadi 75, pada siklus II 83, dan pada siklus III menjadi 86
Kata Kunci: Kartu Domino, Kosakata, Bahasa Inggris


PENDAHULUAN

Salah satu program mata pelajaran di tingkat dasar adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran Muatan Lokal. Depdiknas menyatakan Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi secara lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilanketerampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam Bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu (2008).

Depdiknas menyebutkan mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki 2 kemampuan sebagai berikut: (1) mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah dan (2) memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global (2008).

Pada silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ditemukan banyak materi Bahasa Inggris yang menuntut penguasaan kosakata. Susanti berpendapat hakikat kosakata atau perbendaharaan kata adalah jumlah seluruh kata dalam suatu bahasa; juga kemampuan kata-kata yang diketahui dan digunakan seseorang dalam berbicara dan menulis (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia (1993) menyatakan bahwa penguasaan (noun) adalah (a) proses, cara, perbuatan menguasai atau mengguasakan, (b) pemahaman atau kesanggupan untuk menggunakan (pengetahuan, kepandaian, dsb) (1993). Berdasarkan uraian tentang kosakata dan penguasaan, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata adalah pemahaman
seseorang untuk menggunakan himpunan kata dan kemampuan kata yang dimilikinya dan dapat menggunakannya dalam suatu bahasa.

Kosakata adalah bagian penting dari Bahasa Inggris namun sering diabaikan dalam kegiatan pembelajaran. Penguasaan kosakata sangatlah penting untuk memperlancar kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris. Tanpa mengetahui kosakata, siswa akan mengalami hambatan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, materi tentang kosakata adalah materi yang pertama kali diajarkan sebelum materi lainnya, karena kemampuan menguasai materi ini merupakan dasar untuk mempelajari materi Bahasa Inggris selanjutnya.

Indikasi bahwa seseorang menguasai kosakata dapat dilihat dari kemampuan mengucapkan dan mengetahui arti kata yang diucapkan sehingga orang lain dapat memahaminya dengan mudah. Banyaknya jumlah kosakata yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi terhadap kemampuan kosakatanya. Peneliti melihat kenyataan di SD Negeri Petung 2 pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris khususnya pada siswa kelas V masih termasuk dalam pembelajaran konvensional. Metode yang sering digunakan adalah metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Guru mengalami kesulitan dalam membelajarkan kosakata Bahasa Inggris kepada siswa. Guru hanya membelajarkan kosakata Bahasa Inggris dengan cara menuliskan kosakata di papan tulis kemudian mengajak siswa membaca bersama-sama. Membaca kosakatanya pun hanya beberapa kali sehingga siswa sering lupa dengan kosakata yang baru saja dipelajarinya.

Mereka masih sangat kesulitan dalam mengingat-ingat kosakata. Hal ini terbukti ketika guru mengadakan tanya jawab tentang kosakata, siswa lebih banyak diam karena lupa. Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Peneliti mencoba untuk mencari inovasi dalam menyampaikan materi kosakata Bahasa Inggris, yaitu dengan menggunakan media kartu domino kata bergambar. Penelitian melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul: “Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar Bagi Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri Petung 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2012/2013.”

Permainan domino menurut Malik dalam kaitannya dalam 3 pembelajaran adalah suatu bentuk media pembelajaran yang berbasis permainan yang terdiri atas kartu-kartu domino untuk menyampaikan informasi berupa materi melalui pertanyaan-pertanyaan konsep atau subkonsep. Penelitian yang dilaksanakan Malik menunjukkan peningkatan skor yang signifikan yang diperoleh siswa yaitu pada saat pretest nilainya 6,93 dan pada saat posttest 8,54. Hal ini dimungkinkan karena kartu domino sebagai media pembelajaran dengan unsur permainan memberikan rangsangan pada siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan bermain sambil belajar. Semakin lama atau pada saat siswa mengulang-ulang permainan, tanpa mereka sadari mereka telah mengulangulang proses belajar dan akhirnya pengetahuan dan wawasan mereka pun bertambah (2008).

Malik menyebutkan langkahlangkah bermain media kartu domino kata bergambar yaitu: (1) membaca kosakata Bahasa Inggris, menulis kosakata Bahasa Inggris, dan (3) mengartikan kosakata Bahasa Inggris (2008). Media kartu domino kata bergambar berisi kosakata Bahasa Inggris dan gambar warna warni. Gambar yang berwarna-warni dapat membuat siswa dalam belajar Bahasa Inggris menjadi bersemangat. Gambar ini dapat menerjemahkan konsep abstrak menjadi lebih realistis dan berwujud, sehingga siswa tidak hanya membayangkan saja. Di samping itu suasana pembelajaran menjadi semakin menyenangkan. Pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas V yang berada pada tahapan operasional kongret.

Bassett, Jacka, dan Logan mengemukakan karakteristik anak usia sekolah dasar yaitu: (1) mereka secara alamiah memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan tertarik akan dunia sekitar yang mengelilingi diri mereka sendiri, (2) mereka senang bermain dan lebih suka bergembira atau riang, (3) mereka suka mengatur dirinya untuk menangani berbagai hal, mengeksplorasi suatu situasi dan mencobakan usaha-usaha baru, (4) mereka biasanya tergetar perasaannya dan terdorong untuk berprestasi sebagaimana mereka tidak suka mengalami ketidakpuasan dan menolak kegagalan-kegagalan, (5) mereka belajar secara efektif ketika merasa puas dengan situasi yang terjadi, dan (6) mereka belajar dengan cara bekerja, mengobservasi, berinisiatif, dan mengajar anak-anak yang lainnya (Sumantri dan Permana, 1999: 12). Dengan menggunaka media kartu domino kata bergambar pada Bahasa Inggris diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana langkah-langkah penggunaan media kartu domino kata bergambar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas V semester II SD Negeri Petung 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2012/2013 dan (2) Apakah penggunaan media kartu domino kata bergambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas V semester II SD Negeri Petung 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2012/2013.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media kartu domino kata bergambar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu domino kata bergambar dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas V semester II SD Negeri Petung 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2012/2013.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Kartu Domino Kata Bergambar

Sekian artikel mengenai Jurnal - Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Kartu Domino Kata Bergambar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Bahasa Inggris
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran