-->

Jurnal - Penggunaan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dalam Matematika

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penggunaan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dalam Matematika, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The Using of Numbered Heads Together model (NHT) in Improving Matematic Learning in Elementary School V Grade Students. The purpose of this research is to describe the step of using Numbered Heads Together model in enhancement learning V grade students in elementary school. This research uses classroom actions research methods are carried in the three cycles. Each cycle consists of planing, action, observation, and reflection. The data source of this research is the V grade students of Karangsari elementary school Kemranjen Banyumas in academic year 2012/2013 which amounted to 13 students, consist 8 men and 5 women. Data collecting methods are collected through observation, interview, test, and documentation. The validity of data using the triangulation technic and resource. The data Analysis is used by this research in quantitatif and qualitatif data analysis. The result showed that the using of Numbered Heads Together model can be in improving mathematics learning in elementary school. Keywords: Numbered Heads Together (NHT) model, Mathematics earning.

Abstrak:Penggunaan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model kooperatif numbered heads together (NHT) dan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangsari Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model Suharsimi Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa langkah-langkah model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terdiri dari pembagian kelompok, penomoran, pemberian materi, pemberian pertanyaan, berpikir bersama, pemanggilan nomor, menjawab pertanyaan dan menyimpulkan. Selain itu penggunaan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) juga dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.
Kata Kunci:Model Numbered Heads Together (NHT), Pembelajaran Matematika


PENDAHULUAN

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat penting, sehingga Matematika diajarkan mulai dari jenjang SD sampai dengan perguruan tinggi (minimal sebagai mata kuliah umum). Bagi siswa selain untuk menunjang dan mengembangkan ilmu-ilmu lainnya, Matematika juga diperlukan untuk bekal terjun dan bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu pentingnya mengajarkan pelajaran Matematika sejak dini.

Ditemukan di lapangan bahwa dalam pembelajaran Matematika, masih banyak siswa yang kurang aktif dan antusias dalam pembelajaran Matematika serta banyak siswa yang masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Salah satu upaya yang dipilih oleh guru adalah dengan menggunakan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) , dengan harapan dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Model Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik (Herdian, 2009). Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang langsung melibatkan siswa untuk menyelesaikan masalah secara berkelompok serta dapat menyelesaikan masalah dari berbagai perpektif. Trianto mengemukakan “Numbered Heads Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional” (2009: 82).

Suprijono mengemukakan langkah pembelajaran dengan menggunakan Numbered Heads Together yaitu diawali dengan Numbering. Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Setelah kelompok terbentuk, guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap kelompok. Berikan kesempatan untuk menemukan jawaban. Pada kesempatan ini tiap kelompok menyatukan kepalanya “Heads Together” berdiskusi memikirkan jawaban atas pertanyaan dari guru. Langkah selanjutnya adalah guru memanggil nomor peserta didik yang memiliki nomor yang sama dari tiap kelompok. Mereka diberi kesempatan memberi jawaban atas pertanyaan dari guru dan dilakukan terus menerus hingga masing-masing kelompok memaparkan jawaban. Berdasarkan jawaban itu, guru dapat mengembangkan diskusi lebih mendalam sehingga peserta didik dapat menemukan jawaban pertanyaan sebagai pengetahuan yang utuh (2009). Trianto mengemukakan ada 4 fase sebagai sintaks Numbered Heads Together (NHT) yaitu (1) fase penomoran; (2) fase mengajukan pertanyaan; (3) fase berpikir bersama; dan (4) fase menjawab.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas,maka dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran model kooperatiaf Numbered Heads Together (NHT) yaitu: (1) Pembagian kelompok, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok; (2) Penomoran, siswa diberikan nomor secara merata dalam kelompoknya; (3) Pemberian Materi, guru memberikan materi awal pada siswa; (4) Pemberian pertanyaan, siswa diberikan pertanyaan untuk bahan diskusi dengan kelompok; (5) Berpikir bersama, siswa menyatukan kepalanya untuk berdiskusi memikirkan bersama jawaban dari pertanyaan guru; (6) Pemanggilan nomor, siswa dipanggil nomor secara acak oleh guru; (7) Menjawab pertanyaan, siswa maju untuk menjawab pertanyaan mewakili kelompoknya; (8) Menyimpulkan, siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan.

Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana prosedur penggunaan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan pembelajaran; (2) Apakah penggunaan Model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SDN Karangsari tahun 2012/2013.

Tujuan penelitian berdasarkan rumusan di atas yaitu: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT); (2) untuk meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN Karangsari tahun 2012/2013.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dalam Matematika

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penggunaan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Dalam Matematika, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Matematika
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran