-->

Jurnal - Pengaruh Jumlah Anggota Keluarga Dan Kelengkapan Sarana Pendidikan Terhadap Hasil Belajar

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Pengaruh Jumlah Anggota Keluarga Dan Kelengkapan Sarana Pendidikan Terhadap Hasil Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The Effect of Number of The Family Members and The Completeness of Equipment Teaching Aid to The Indonesian Language Result of Learning V Grade at Elementary Schools. The aim of this research is (1) To proof whether there is impaction of the number of the family members to the study result of Indonesian Language on V grade. (2) To proof whether there is impaction the completeness of education tool to the study result of Indonesian Language on V grade. (3) To proof whether there is impaction of interaction the number of the family and the completeness of education tool, of the Indonesian Language on V grade. This study uses ekspost facto method aid with quantitative approach. The result are found the impact of the number of family members and the completeness of equipment teaching aid, on the Indonesian Language result of learning students V grade at elementary schools.

Abstrak: Pengaruh Jumlah Anggota Keluarga Dan Kelengkapan Sarana Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan (1) Ada tidaknya pengaruh jumlah anggota keluarga terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. (2) Ada tidaknya pengaruh kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. (3) Ada tidaknya interaksi pengaruh jumlah anggota keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini menggunakan metode ekspost facto untuk seluruh aspek yang diteliti, dengan pendekatan kuantitatif. Hasilnya menunjukan bahwa jumlah anggota keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD.
Kata kunci : hasil belajar, anggota keluarga, sarana pendidikan


PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan sebuah program yang melibatkan sejumlah komponen yang bekerja sama dalam sebuah proses untuk mencapai tujuan yang diprogramkan misalnya untuk meningkatkn kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia di Indonesia dapat di- tingkatkan melalui pendidikan. Pada dasarnya pendidikan adalah pembentukan sikap, watak, dan kepribadian melalui kegiatan belajar. Sumantri dan Permana (2001) menyatakan bahwa seorang anak dikatakan telah belajar jika telah terjadi perubahan yang positif dalam kesiapannya menghadapi lingkungan. Hurlock (2007) mengungkapkan bahwa anak yang tinggal di rumah yang memiliki jumlah anggota keluarganya sedikit biasanya dapat berbicara lebih awal dibandingkan dengan anak yang berasal dari keluarga yang jumlahnya lebih banyak. Hal tersebut karena orang tua memiliki waktu lebih lama untuk mengajar anaknya berbicara. Kenyataan di lapangan tidak seluruhnya sama dengan apa yang ada di dalam teori. Di SD Harjodowo kecamatan Kuwarasan peneliti menemukan ada seorang anak kelas V yang tinggal dalam keluarga kecil (jumlah anggota keluarga sedikit) hasil belajarnya Bahasa Indonesia sangat jelek. Dari 18 siswa di kelas tersebut ia mendapat peringkat kedelapanbelas. Kenyataan lain berasal dari seorang anak kelas V yang tinggal dalam keluarga yang jumlahnya banyak ternyata ia memiliki hasil belajar yang bagus untuk Bahasa Indonesia dan mata pelajaran lain.

Abdurrahman (2003) menyatakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar, yang dipengaruhi oleh faktor yang berasl dari dalam diri anak dan faktor yang berasal dari lingkungan. Kemampuan yang dimiliki siswa sebagai hasil dari proses belajar, dapat dinilai dengan angka menggunakan tes hasil belajar yang telah disusun guru untuk mengukur tes hasil belajar siswa.

Siswa kelas V sekolah dasar pada umumnya berusia 9-11 tahun dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan kelas lainnya. Menurut Suyanto (mengutip simpulan Piaget, 1972) karakteristik anak usia 9-11 tahun, yaitu dapat memecahkan persoalan sederhana yang bersifat konkrit, dapat berfikir reversibel, anak mampu mengklasifikasikan dan mengurutkan, dan anak dapat memecahkan persoalan secara lebih baik dari obyek dan kejadian nyata (2005: 65). Karakteristik tersebut dapat tumbuh melalui latihan secara terus-menerus baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan sekolah.

Dalam lingkungan keluarga, jumlah anggota keluarga memberikan kontribusi terhadap kemampuan belajar siswa. Hal ini seperti diungkapkan oleh Wijaya (2007) bahwa anak yang berasal dari keluarga besar cenderung memiliki intelegensi yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang datang dari keluarga kecil.

Lingkungan sekolah terkait dengan adanya sarana pendidikan yang memadai. Sarana pendidikan menurut Khalifah dan Qutub (2009) adalah hal yang dipersiapkan secara matang untuk menjelaskan materi pelajaran dan menanamkan pengaruhnya di hati siswa. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian terhadap jumlah anggota keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan yang ada di sekolah untuk dikaitkan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh jumlah anggota keluarga terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD? (2) Adakah pengaruh kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD? (3) Adakah interaksi pengaruh jumlah anggota keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh jumlah anggota keluarga terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, pengaruh kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, dan interaksi pengaruh jumlah anggota keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Jurnal - Pengaruh Jumlah Anggota Keluarga Dan Kelengkapan Sarana Pendidikan Terhadap Hasil Belajar

Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Pengaruh Jumlah Anggota Keluarga Dan Kelengkapan Sarana Pendidikan Terhadap Hasil Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Pendidikan Terlengkap