Abstract: Application of Cooperative Learning With The Numbered Heads Together (NHT) Type In Increasing Of Social Studies Learning At IV Grade Elementary School. The aims of this research are: (1) to describe the steps in the application of cooperative learning with Numbered Heads Together (NHT) in the increasing of Social Studies at Elementary School IV grade: (2) to describe if the steps in the application of cooperative learning of Numbered Heads Together (NHT) in the increasing of Social Studies Elementary School IV grade . This research has the shape of Classroom Action Research. This research was held in 3 cycles. There were 4 stages in each cycle. They were: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. The increasing of student’s study result from pre-implementation, cycle I, cycle II, and cycle III.
Key wors: cooperative learning, Numbered Heads Together (NHT)
Abstrak: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan pembelajaran IPS kelas IV SD; (2) apakah langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV SD. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus, terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Peningkatan hasil belajar siswa dari pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT)
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan bagian dari pem-bangunan. Proses pendidikan ti-dak dapat dipisahkan dari proses pem-bangunan. Pada umumnya pembangunan diarahkan dan bertujuan untuk me-ngembangkan sumber daya yang ber-kualitas, diantaranya adalah mengembang-kan manusia yang berkualitas. Pendidikan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Sumber daya manusia yang ber-kualitas akan menentukan mutu kahidupan pribadi, masyarakat, bangsa dan negara dalam rangka mengatasi persoalan-persoalan dan tantangan kehidupan di ma-sa kini dan masa yang akan datang.
Salah satu permasalahan yang ada di Indonesia adalah rendahnya mutu pen-didikan, khususnya pada pendidikan dasar. Hal ini disebabkan karena kurangnya sarana dan prasarana, buku-buku yang kurang memadai serta rendahnya ke-sadaran akan pentingnya pendidikan di masyarakat. Berbagai usaha telah di-lakukan untuk mengatasi hal tersebut, se-perti pelatihan dan peningkatan kualitas bagi guru, perbaikan sarana dan prasarana, pengadaan buku-buku pelajaran yang me-madai serta penyuluhan bagi masyarakat betapa pentingnya pendidikan itu. Namun, berbagai indikator belum ada peningkatan yang memadai.
Upaya peningkatan mutu pen-didikan di Indonesia terus dilaksanakan. Salah satunya yaitu peningkatan sumber daya manusia. Untuk meningkatkan sum-ber daya menusia perlu dilakukan dengan konteks peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui pembelajaran yang efektif dan efisisen serta disesuaikan dengan perkembangan zaman. Kehidupan saat ini menunjukkan sebuah era globalisasi yaitu kemajuan di tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi.
Umaedi, dkk. (2009) mengatakan bahwa “Pendidikan nasional adalah pen-didikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman”(1.22).
Sejauh ini pendidikan masih di-dominasi adanya fakta-fakta, metode pem-belajaran yang digunakan adalah ceramah dan kegiatan semua terfokus pada guru. Melalui mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar, para siswa diharapkan dapat me-miliki pengetahuan dan wawasan tentang konsep-konsep dasar ilmu sosial dan humaniora, memiliki kepekaan dan ke-sadaran terhadap masalah sosial di lingkungannya, serta memiliki ketrampilan mengkaji dan memecahkan masalah-masalah sosial tersebut. Melalui mata pel-ajaran IPS juga diharapkan para siswa dapat terbina menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab. Untuk dapat mengajarkan IPS dengan baik maka bagi para guru dan calon guru diharapkan dapat menguasai dan konsep-konsep dasar dan ilmu-ilmu sosial.
Peaget (dalam Muijs dan Rey-nolds, 2008: 24) mengatakan bahwa siswa kelas IV pada tahap operasional konkret (7-12 tahun). Siswa kelas IV tergolong pada tahap operasional konkret. Operasi penting yang lain yang dikuasai di tahap operasional konkret adalah classification (klasifikasi).
Pembelajaran kooperatif me-rupakan pembelajaran yang mengutama-kan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pem-belajaran. Para siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan.
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mem-pengaruhi pola interaksi siswa dan me-miliki tujuan untuk meningkatkan pe-nguasaan akademik. Siswa tidak hanya duduk dan mendengarkan guru menjelas-kan pelajaran saja.
Numbered Heads Together (NHT) merupakan variasi diskusi yang mem-berikan memberikan kesempatan siswa un-tuk membagikan ide dan mempertimbang-kan jawaban yang paling tepat. Kemampu-an untuk bekerja sama dalam tim lebih dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dan mencapai suatau usaha.
Seperti yang dikatakan Isjoni (2010) Numbered Heads Together (NHT) yaitu “Teknik ini memberi kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan pertimbangan jawaban yang paling tepat” (hlm 78).
Dengan menerapkan pembelajar-an kooperatif tipe Numbered Heads Togeteher (NHT) diharapkan bisa mem-berikan motivasi bagi siswa untuk tetap semangat dalam mengikuti pelajaran, dapat meningkatkan kemampuan hubungan sosial, menumbuhkan sikap menerima ke-kurangan diri dan orang lain, dan mem-berikan kesempatan siswa untuk me-nuangkan ide yang ia pikirkan. Siswa tidak hanya berdiam diri saja tetapi akan ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan pembelajaran IPS kelas IV SD dan apakah penerapan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkat-kan pembelajaran IPS kelas IV SD.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pene-rapan pembelajaran kooperatif tipe Num-bered Heads Together (NHT) dalam pe-ningkatan pembelajaran IPS kelas IV SD dan untuk meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV SD dengan pembelajaran ko-operatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Jurnal - Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran