Abstract: The Using Numbered Heads Together (NHT) Model in Improving Social Studies Learning IV Grade Elementary School. This research uses classroom actions research methods are carried out in the three cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The data sources of this research is the fourth grade students of Sidomukti elementary school in academic year 2011/2012 which amaunted to 18 students, consist of 10 men and 8 women. Data collecting methods are collected through observation, interview, test and documentation. The validity of data using the triangulation instrument. The data Analysis is used by this research is quantitatif and qualitatif data analysis. The result showed that the using Model Numbered Heads Together (NHT) can improve learning about Social Studies at Elementary School fourth grade students.
Keywords: Model Numbered Heads Together (NHT), Improved Learning, Social studies
Abstrak: Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah langkah penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi siswa kelas IV SDN Wadas Tahun 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Wadas tahun 2013 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 15 laki laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi siswa kelas IV SD Negeri Wadas Tahun 2013.
Kata Kunci: Model Numbered Heads Together (NHT), Peningkatan Pembelajaran, IPS
PENDAHULUAN
Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik karena untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat dituntut sumber daya manusia yang handal, yang memiliki kemampuan dan keterampilan serta kreatifitas yang tinggi. Salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif yang dapat memotivasi siswa dalam peran aktif dalam proses belajar
mengajar adalah model pembelajaran numbered heads together (NHT).
Karakteristik siswa kelas IV SD menurut Monks, Knoers, Haditono (2006) mengemukakan bahwa pada stadium operasional konkrit cara berpikir anak usia ini kurang egosentris. Hal ini dapat ditandai oleh desentrasi yang besar misalnya sudah mampu untuk memperhatikan lebih dari satu dimensi sekaligus dan juga untuk menghubungkan dimensi-dimensi satu sama lain (2006) . Sardjiyo, Sugandi & Ischak (2009) menyatakan llmu pengetahuan sosial 2 merupakan bidang studi yang menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Sumaatmaja menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang kajiannya mengintegrasikan bidang ilmuilmu sosial dan humanoira (2005).
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang merupakan perpaduan sejumlah mata pelajaran seperti
geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi dan politik.
Mulyasa (2008) berpendapat, “Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik” (hlm. 100). Lain halnya dengan Hamalik (2010) berpendapat, “Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran” (Hlm.57).
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian pembelajaran adalah interaksi dua arah dari seorang guru, peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Peningkatan dalam pembelajaran IPS meliputi proses dalam pembelajaran IPS dan hasil pembelajaran IPS. Kedua aspek tersebut saling berhubungan. Belajar memerlukan proses yang berkesinambungan, disisi lain belajar juga memerlukan hasil sebagai tolak ukur akhir dari suatu proses yang terjadi dalam perubahan indvidu melalui aktifitas, praktek dan pengalaman yang diakibatkan oleh adanya interaksi indvidu dengan lingkungan, perubahan di dalam kegiatan tersebut dinamakan proses belajar.
Lie (2008) menyatakan bahwa Numbered Heads Together adalah teknik yang memberikan kesempatan pada siswa untuk membagikan ide dan mempertimbangkan jawaban yang tepat. Isjoni (2010) menyatakan bahwa tujuan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk membagikan ide dan pertimbangan jawaban yang paling tepat.
Trianto (2009) berpendapat, “Numbered Heads Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional” (hlm. 82). Sejalan dengan Isjoni bahwa model Numbered Heads Together (NHT) adalah teknik yang memberi kesempatan kepada siswa untuk saling memberikan ide-ide dan pertimbangan jawaban yang tepat dan teknik ini mendorong siswa untuk meningkatkan kerjasama (2010).
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengetian Numbered Heads Together (NHT) adalah model pembelajaran yang membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil, hal ini
ditujukan agar siswa dapat saling bekerjasama, saling membantu dan saling memotivasi dengan siswa lainnya, agar siswa dapat mencapai hasil yang maksimal dari pembelajaran tersebut. Trianto (2011) membagi langkah model NHT meliputi: (1) Pembagian kelompok dengan penomoran, (2) Pengajukan pertanyaan, (3) Berpikir bersama, (4) Menjawab.
Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalahnya adalah: 1) bagaimanakah langkah-langkah penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan pembelajaran; 2) apakah penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran IPS Kelas IV; 3) apakah kendala dan solusi penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan pembelajaran IPS.
Tujuan penelitian berdasarkan rumusan di atas yaitu: 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Numbered Heads Together (NHT); 2) untuk mengetahui peningkatan pembelajaran IPS ; 3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV semester 2 SD Negeri Wadas Tahun 2013.
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Download Jurnal - Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS
Sekian artikel mengenai Jurnal - Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran