-->

Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: Application Of Quantum Teaching Models An Efforts To Increase The Learning Quality Social Studies Fifth Grade Elementary School. The aims of this research are: (1) to describe the steps in the application of quantum teaching models an effort to increase the learning quality social studies fifth grade elementary school (2) to increase the learning teaching social studies fifth grade elementary school; (3) to know the constraints and solutions in the application of quantum teaching models on learning social studies fifth grade elementary school. This research has the shape of colaboration Classroom Actions Research. This research was held in 3 cycles. There were 4 stages in each cycle. They were planning, implementation, observation, and reflection. Data collection tecnhniques using observation, testing, documentation, and questionnaires. Quality of teaching has increased from cycle 1 to cycle. The percentage of student activity cycle I 74,8% and cycle II 86,7%. The percentage of motivation learning student cycle I 80,6% and cycle II 87,5%. While mastery learning student cycle I 92,9% and cycle II 98%.Keywords: Quantum Teaching, Learning Quality, Social Studies Elementary School

Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsiskan langkahlangkah penerapan model quantum teaching sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD; (2) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD dengan model quantum teaching; (3) untuk mengetahui kendala dan solusi dalam penerapan model quantum teaching pada pembelajaran IPS kelas V SD. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilak-sanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan kuesioner. Kualitas pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai Siklus II. Persentase keaktifan siswa siklus I 74,8% dan siklus II 86,7%. Persentase motivasi belajar siswa siklus I 80,6% dan siklus II 87,5%. Sedangkan ketuntasan belajar  siswa siklus I 92,9% dan siklus II mencapai 98%.
Kata Kunci: Quantum Teaching, Kualitas Pembelajaran, IPS SD


PENDAHULUAN

Salah satu program mata pelajaran di tingkat dasar adalah IPS. Hardini dan Puspitasari mengemukakan bahwa IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD dan mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial (2012). Pada pembelajaran IPS siswa diarahkan untuk menjadi warga negara Indonesia
yang demokratis, bertanggung jawab, dan warga dunia yang cinta damai. Gross menyebutkan bahwa tujuan pendidikan IPS adalah untuk memper-siapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik dalam kehidupannya di masyarakat, secara tegas ia mengata-kan “to prepare students to be well functioning citi-zens in a democratic sosiety” (Trianto, 2012: 173).

Tujuan pembelajaran akan tercapai jika siswa belajar secara aktif menyenangkan, dan bermakna. Dengan pembelajaran yang demikian maka secara langsung mempengaruhi kualitas dari pembelajaran tersebut. Seperti yang dijelaskan Mulyasa, kualitas pembelajaran dapat dilihat dari segi proses dan segi hasil. Pembelajaran dari segi proses dikatakan berkualitas apabila setidaknya sebagian besar (75%) peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran, disamping menunjukkan kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar, dan rasa percaya diri pada diri sendiri. Pembelajaran dari segi hasil dikatakan berkualitas apabila terjadi peningkatan penguasaan konsep pada diri peserta didik (2008). Mata pelajaran IPS sarat akan materi sehingga menjadikan siswa malas untuk mempelajari. Oleh karena itu guru dituntut untuk selalu menggunakan model pembelajaran yang inovatif agar siswa antusias mengikuti pembelajaran. Pada akhirnya akan berdampak pada kualitas pembelajaran yang dilakukan.

Berdasarkan pengamatan dan wawancara diperoleh hasil bahwa kualitas pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Randegan masih rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Saat pembelajaran, kegairahan siswa dalam mengikuti pelajaran sangat rendah dan siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Hasil belajar IPS juga belum memuaskan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai IPS yang hanya 57,57 dan hanya 4 anak dari 33 siswa yang nilainya memenuhi KKM (70).

Berdasarkaan kondisi tersebut maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Peneliti dan guru kelas menetapkan alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul: "Penerapan Model Quantum Teaching sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Randegan Tahun Ajaran 2012/2013.”

Peneliti DePorter, Reardon dan Nourie berpendapat, “Quantum teaching adalah penggubahan ber-macam-macam interaksi yang ada di dalam dan sekitar momen belajar“ (2010: 34). Model pembelajaran quantum teaching dipilih dalam penelitian ini karena melalui pembelajaran tersebut dapat meningkatkan aktivitas siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Quantum teaching memberdayakan, memotivasi, dan mengarahkan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar secara visual, auditorial dan kinestetik sehingga akan memacu semangat belajar siswa.

DePorter, et al. Menyebutkan langkah quantum teaching yaitu: (1) tumbuhkan (minat), sertakan reka, pikat siswa, puaskan rasa ingin tahu siswa; (2) alami, kegiatan ini memberi pengalaman pada siswa; (3) namai, langkah ini mengajarkan konsep, keterampilan berfikir dan strategi belajar; (4) demonstrasikan, langkah ini mengaplikasikan pengetahuan siswa); (5) ulangi, bertujuan untuk memperkuat hubungan-hubungan saraf memori dalam otak); (6) rayakan, yaitu sebagai simbol penghormatan (2010). Pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas V yang masih berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkret. Menurut piaget kelas V pada tahap ope-rasional konkret, kemampuan yang tampak pada fase ini adalah kemampuan dalam proses berpikir untuk mengoperasikan kaidahkaidah logika, masih terikat objek yang bersifat konkret (Suharjo: 2006). Dengan me-nerapkan model pembelajaran quantum teaching pada pembelajara IPS diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut yang meliputi aspek motivasi belajar, keaktifan siswa selama pembelajaran, dan hasil belajar siswa.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; (1) bagaimana langkahlangkah pene-rapan model quantum teaching sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPS kelas V semester II SD Negeri Randegan tahun ajaran 2012/2013; (2) apakah penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V; (3) apakah kendala dan solusi dalam penerapan model quantum teaching pada pembelajaran tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model quantum teaching yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD, serta mengetahui kendala dan solusi dalam penerapan model tersebut.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran