-->

Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: Application of Quantum Teaching Models in Improving Geometry Learning Outcomes Improved Fourth Grade Student Elementary School. This study aims to: (1) describe the learning steps Quantum Teaching in improving student learning outcomes, (2) identify obstacles and solutions in the application of models of Quantum Teaching Geometry in learning. This study is a collaborative action research conducted in three cycles. The results of this study indicate that the application of the Quantum Teaching by implementing measures Grow, Natural, Namai, Demonstrate, and Celebrate Repeat to improve student learning outcomes, the pre-action mastery percentage reached 24% of new students, having implemented measures student mastery percentage in cycle I to 86%, 90% cycle II and cycle III 95%. Application of Quantum Teaching models for learning Geometry encountered some obstacles, but these constraints can be solved by implementing improvement efforts as the solution of problems were encountered.Keywords: model Quantum Teaching, student learning outcomes, Geometry

Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran Geometri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan menerapkan langkah langkah Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 24%, setelah dilaksanakan tindakan persentase ketuntasan siswa pada siklus I menjadi 86%, siklus II 90% dan siklus III 95%. Penerapan model Quantum Teaching dalam pembelajaran Geometri menemui beberapa kendala, namun kendala tersebut dapat terpecahkan dengan menerapkan upaya perbaikan sebagai solusi dari kendala yang muncul.
Kata Kunci: model Quantum Teaching, hasil belajar siswa, Geometri


PENDAHULUAN

Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya yang sudah diterima, sehingga kebenaran antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Matematika kelas IV sekolah dasar dibagi kedalam tiga materi pokok yaitu pengukuran, aritmatika dan Geometri. Setiap materi pokok memiliki tujuan yang berbeda sesuai dengan muatan materi yang terkandung didalamnya. Keberhasilan guru dalam mengajar dapat terlihat dari perolehan nilai hasil evaluasi siswa.

Keberhasilan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik ekstern maupun intern. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan guru dalam mengajar adalah pemilihan model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan akan memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang sedang iapelajari sehingga hasil belajar siswapun akan baik.

Berdasarkan pengamatan terhadap gedung sekolah, jalannya kegiatan pembelajaran, dan dokumen data nilai siswa maka diperoleh informasi bahwa SDN 2 Banjurpasar memiliki gedung yang masih baik untuk kegiatan pembelajaran. Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap jalannya kegiatan belajar mengajar pada materi Geometri siswa kelas IV SDN 2 Banjurpasar maka diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar adalah model Problem Solving. Anitah menjelaskan bahwa model pembelajaran Problem Solving adalah model pembelajaran yang bertujuan menyiapkan peserta didik yang terampil memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari (2009: 54).

Namun penerapan model Problem Solving pada pembelajaran Geometri yang kurang tepat membuat kegiatan pembelajaran hanya didominasi penjelasan guru dan latihan soal tanpa adanya aktifitas belajar yang aktif dan menyenangkan. Dengan diterapkannya model semacam ini maka siswa menjadi mudah merasa jenuh selama mngikuti kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang fokus pada materi yang sedang dipelajari. Hal tersebut berdampak pada perolehan nilai hasil evaluasi siswa. Berdasarkan data nilai hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Geometri, maka diperoleh data bahwa sebagian besar siswa belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Dengan adanya kondisi tersebut maka perlu diadakan penelitian untuk memecahkan masalah terkait rendahnya hasil belajar siswa pada materi Geometri.

Solusi yang dirasa paling tepat sesuai dengan kondisi tersebut adalah dengan merubah model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Anitah menjelaskan bahwa model pembelajaran adalah suatu kerangka berpikir yang dipakai sebagai panduan untuk  melaksanakan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan tertentu (2009: 45). Model pembelajaran yang paling tepat sesuai dengan kondisi pembelajaran siswa kelas IV SDN 2 Banjurpasar adalah model Quantum Teaching.

DePotter menjelaskan bahwa model Quantum Teaching adalah model pembelajaran yang meriah dan menyenangkan dengan segala nuansanya (2011: 32). Model ini memiliki rumusan pembelajaran yang menjadi lagkah-langkah dalam pelaksanaan. Rumusan tersebut dikenal dengan rumusan TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan). Dengan diterapkannya tiap langkah model Quantum Teaching dengan baik maka siswa akan dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu siswa juga akan belajar dalam suasana yang meriah dan menyenangkan sehingga siswa tidak akan mudah merasa jenuh selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan upaya tersebut maka diharapkan hasil belajar siswa akan mengalami peningkatan sesuai dengan indikator capaian penelitian yang telah ditentukan.

Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah yang muncul yaitu 1) bagaimana penggunaan Model Quantum Teaching yang dapat meningkatkan hasil Geometri siswa kelas IV SDN 2 Banjurpasar Tahun Pelajaran 2012/2013?, 2) apa kendala dan solusi penggunaan model Quantum Teaching dalam pembelajaran Geometri siswa kelas IV SDN 2 Banjurpasar Tahun Pelajaran 2012/2013?

Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Geometri, 2) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dijumpai dalam penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran Geometri siswa kelas IV SD N 2 Banjurpasar Tahun Pelajaran 2012/2013.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran