-->

Jurnal - Penerapan Metode Eksperimen Dengan Media Realia Dalam Pembelajaran IPA

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penerapan Metode Eksperimen Dengan Media Realia Dalam Pembelajaran IPA, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: Application of Experiment Method with Realia Media in Increase of Science Learning for Elementary School Fourth Grade Student. The purposes of the research are: (1) describe the steps of experiment method with realia media to increase science learning process for elementary school fourth grade student, (2) to know the increase of science learning output with application of experiment method with realia media for elementary school fourth grade student, (3) identify obstacles and solutions in the application of experiment method with realia media in science learning for elementary school fourth grade student. This study is a Collaborative Classroom Action Research that was held in three cycle. Each cycle consist of planning, implementation, observation, and reflection. The results show that the application steps of experiment method with realia media can increase science learning of elementary school fourth grade students. In learning process the first cycle, student percentage reached 61,11%, in the second cycle 73,33%, and the third cycle increase to 85,53%. In the pre-action completeness percentage still 0% of all students, havingperformed the action in the first cycle of students completeness percentage increase to 47,73%, in the second cycle increase to 73,46% and the third cycle increase to 83,33%.
Keywords: experiment method, realia media, science learning

Abstrak: Penerapan Metode Ekperimen dengan Media Realia dalam Peningkatan Pembelajaran IPA bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode eksperimen dengan media realia yang dapat meningkatkan proses pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV SD, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen dengan media realia pada siswa kelas IV SD, (3) mengidentifikasi kendala dan solusi pada penerapan metode eksperimen dengan media realia pada pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah pembelajaran metode eksperimen dengan media realia dapat meningkatkan pembelajaran belajar IPA bagi siswa kelas IV. Pada proses pembelajaran siklus I, persentase siswa mencapai 61,11%, pada siklus II 73,46%, dan pada siklus III meningkat menjadi 83,33%. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa masih 0%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa menjadi 47,73%, pada siklus II meningkat menjadi 73,46% dan siklus III meningkat menjadi 83,33%.
Kata Kunci: metode eksperimen, media realia, pembelajaran IPA


PENDAHULUAN

Pembelajaran menuntut adanya interaksi siswa dengan lingkungannya. Dengan demikian, pembelajaran harus dapat membuat siswa lebih aktif, khususnya pada pembelajaran IPA. Samatowa (mengutip pendapat Powler, 1930) menyatakan, IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan gejala-gejala alam dan kebendaan yang sistematis, tersusun secara teratur, berlaku umum yang berupa kumpulan dari hasil observasi dan eksperimen (2006:2). Dengan demikian, pembelajaran IPA menuntut siswa untuk menemukan pengetahuan dari proses mengamati atau observasi. Berdasarkan pendapat tersebut, pembelajaran IPA hendaknya disajikan dengan metode dan media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara langsung dalam menemukan pengetahuan.

Peneliti melakukan observasi pembelajaran IPA di kelas IV SDN Pondokgebangsari tahun ajaran 2012/2013. Menurut hasil observasi pada pembelajaran IPA di SDN Pondokgebangsari dan dialog dengan guru kelas, pembelajaran IPA yang dilaksanakan di SD tersebut masih didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab, serta jarang meng-gunakan media pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa kurang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Keaktifan siswa cenderung negatif atau tidak terfokus pada pembelajaran tetapi aktif berbicara atau bermain sendiri ketika guru menyampaikan pembelajaran. Hal tersebut membuat proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan lancar. Kondisi tersebut membuat hasil belajar siswa pun rendah. Hal tersebut terbukti dari hasil tes pra tindakan, tidak ada satu pun siswa yang mencapai batas KKM dan rata-rata siswa hanya 45,08.

Solusi yang dianggap tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di SDN Pondokgebangsari adalah melalui metode eksperimen dengan media realia dalam pembelajaran IPA. Hal itu didasarkan pada pemikiran bahwa hakikat pembelajaran IPA sebagaimana dikemukakan oleh Asy’ari (2006: 7) yaitu menciptakan kondisi agar siswa selalu aktif untuk ingin tahu sehingga pembelajaran merupakan kegiatan investigasi terhadap permasalahan alam sekitar. Metode eksperimen dianggap mampu meningkatkan keaktifan siswa secara langsung sebagaimana pernyataan Roestiyah (2012: 82) bahwa metode eksperimen memiliki keunggulan yaitu siswa lebih aktif berpikir dan berbuat. Sehingga, metode eksperimen merupakan metode yang sesuai dengan hakikat pembelajaran IPA.

Media realia merupakan benda nyata yang digunakan sebagai bahan ajar dan dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa. Media realia berfungsi sebagai pendukung terlaksananya pembelajaran menggunakan metode eksperimen sehingga pengalaman yang diperoleh siswa bersifat langsung dan nyata. Diharapkan penerapan metode eksperimen dengan media realia dapat meningkatkan pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV SDN Pondokgebangsari.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode eksperimen dengan media realia yang dapat meningkatkan proses pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV SDN Pondokgebang-sari? (2) Apakah penerapan metode eksperimen dengan media realia dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV SDN Pondokgebangsari? (3) Apakah kendala dan solusi pada penerapan metode eksperimen dengan media realia pada pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV SDN Pondokgebangsari?

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode eksperimen dengan media realia dalam peningkatan proses belajar IPA bagi siswa kelas IV SDN Pondokgebangsari, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui menerapkan metode eksperimen dengan media realia pada siswa kelas IV SDN Pondokgebangsari, (3) mengidentifikasi kendala dan solusi yang ditemui dalam penerapan metode eksperimen dengan media realia pada pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV SDN Pondokgebangsari.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penerapan Metode Eksperimen Dengan Media Realia Dalam Pembelajaran IPA

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penerapan Metode Eksperimen Dengan Media Realia Dalam Pembelajaran IPA, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran
Download Contoh Jurnal Tentang Metode Pembelajaran