-->

Jurnal - Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai Jurnal - Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The useing of Numbered Heads togather (NHT) Model in Mathematics Learning at Elementary School. The purpose of this research to describe the steps using NHT models in learning Mathematics in Primary Schools. This research use classroom action research. The results showed that the use of NHT models can improve learning result in elementary school.
In order for the teachers to learn mathematics better using NHT models in learning Mathematics.
Keywords:learning, NHT, Math.

Abstrak: Penggunaan Model Numbered Heads Togather (NHT) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model NHT dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan tektik Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar Matematika di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pembelajaran, NHT, Matematika.


PENDAHULUAN

Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif yaitu kebenaran suatu konsep yang diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelum-nya yang diterima sehingga keterkaitan kon-sep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Matematika merupakan pelajaran paling penting diberikan sejak dini karena peranannya di segala jenis dimensi kehidup-an. Matematika juga mempunyai peranan berbagai disiplin ilmu lain, memajukan daya pikir manusia, serta mendasari perkembang-an teknologi modern. Tujuan pembelajaran Matematika yaitu bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: a) memahami konsep matematika, menjelas-kan keterkaitan antarkonsep dan mengaplika-sikan konsep secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah, b) menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan, dan pernyataan ma-tematika, c) memecahkan masalah yang me-liputi kemampuan memahami masalah, me-rancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang di-peroleh, d) mengomunikasikan gagasan de-ngan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah dan e) memiliki sikap menghargai kegunaan ma-tematika dalam kehidupan yaitu, memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah (Tim Penyusun KTSP, 2007).

Pelajaran matematika sering di-anggap sulit dan membosankan bagi siswa sehinggga hasil belajar matematika cen-derung kurang baik. Hal ini ditandai dengan nilai hasil evaluasi mata pelajaran matematika yang masih rendah. Setiap guru mengharapkan agar setiap ilmu pengetahuan yang ia ajarkan dapat dimengerti, diterima dan dikuasai oleh siswanya dengan baik. Agar harapan setiap guru untuk menuju keberhasilan mengajar tercapai, maka guru harus memiliki kecakapan dan keterampilan dalam menyajikan pelajaran kepada siswa. Hal ini dapat dilaksanakan dengan memilih salah satu model pembelajaran yang tepat dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar siswa.

Salah satu upaya guru untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa, yaitu dengan menggunakan pembelajaran aktif di mana siswa melakukan sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan baik secara individu atau kelompok. Siswa menggunakan otak untuk melakukan peker-jaannya, mengeluarkan gagasan, memecah-kan masalah dan dapat menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif merupakan langkah cepat, menyenangkan, mendukung dan menarik hati dalam belajar untuk mempelajari sesuatu dengan baik. Hal ter-sebut dapat diatasi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif.

Model pembelajaran Numbered Heads togather (NHT) merupakan salah satu tipe model dalam pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif didefinisikan se-bagai sekelompok kecil pembelajar yang bekerja sama menyelesaikan masalah, me-rampungkan tugas, atau menyelesaikan suatu tujuan bersama. Menurut Nur (2011) bahwa model pem-belajaran kooperatif merupakan teknik-teknik kelas praktik yang dapat digunakan guru setiap hari untuk membantu siswa belajar setiap mata pelajaran, mulai dari keterampilan-keterampilan dasar sampai pemecahan masalah yang kompleks.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) bagaimana langkah-langkah penggunaan model NHT dalam pembelajaran Matematika?, b) apakah penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika? c) apa kendala dan solusi penggunaan model NHT dalam pembelajaran Matematika? Dari rumusan masalah tersebut, tuju-an penelitian ini adalah: a) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model NHT dalam pembelajaran Matematika, b) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika. c) untuk mengetahui kendala dan solusi penggunaan model NHT dalam pembelajaran Matematika.

Lie (2008) menuliskan langkah pem-belajaran kooperatif tipe Numbered Heads togather (NHT), antara lain: a) Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor. b) Guru mem-berikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya. c) Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawaban ini. d) Guru memanggil salah satu siswa yang bernomor sesuai pilihan guru. Siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka. Penggunaan model pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan minat dan antusiasme siswa untuk mengikuti pembe-lajaran sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar mereka.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai Jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika

Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Matematika
Download Contoh Jurnal Tentang Model Pembelajaran