Abstract: Implementation Collaboration Method For Narative Writing Skill Improving V Grade Student Plaosan State Elementery School In Academic Year 2011 / 2012. The purpose of this research is to improve the narative skill of writing V grade Plaosan State Elementery School in academic year 2011 / 2012. This research a classroom action research with the design conduted in two cycles. The subjects were all student of V grade. State Elementery School Plaosan in academic year 2011/ 2012 which amounted to 24 students consisting of 13 male students and 11 female students. Colleting data in this research is to use test and observation. Descriptive analysis techniques used include data reduction, data presentation, drawing conclusions. In the process of implementation, planing, action, observation and reflection. The method used is the method of group discussion, method collaboration method of question and answer and method demonstration. Results showed that used of the collaboration method can improve the narative skill of writing V grade Plaosan State Elementery School academic year 2011 / 2012. Based on these result we can conclude that the implementation o f collaboration method can improve the narative skill of writing graders Plaosan V State Elementery School of Education and Culture Unit Plaosan Purworejo academic year 2011 / 2012.
Key word: collaboration method, writing skill, narative
Abstrak: Implementasi Metode Kolaborasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sd Negeri Plaosan Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Plaosan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain pelaksanaan dalam dua siklus. Pada proses pelaksanaannya, peneliti menggunakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflek-si. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Plaosan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data-data dengan menggunakan pengamatan dan tes. Teknik analisis deskriptif yang digunakan meliputi re-duksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok, metode kolaborasi, metode tanya jawab dan metode demontrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kolaborasi dapat meningkatkan kete-rampilan menulis narasi bagi siswa kelas V SD Negeri Plaosan Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasar-kan hasil peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode kolaborasi untuk mening-katkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri Plaosan.
Pendahuluan
Manusia adalah makhluk sosial, mereka selalu hidup berkelompok mulai dari kelompok kecil sampai kelompok besar. Interaksi antar-warga kelompok ditopang dan didukung oleh alat komunikasi yang vital yang mereka miliki bersama yakni bahasa. Kenyataan ini berlaku bagi masyarakat tradisional maupun masyarakat modern (Tarigan, 1990: 47). Hampir semua ak-tivitas manusia tidak dapat berlangsung tanpa bahasa. Peranan bahasa sebagai alat komunikasi makin penting dirasakanseiring dengan pera-daban manusia yang terus berkembang. Makin tinggi perdaban manusia, makin tinggi pula in-tensitas penggunaan bahasa yang didukung ke-majuan teknologi.
Peningkatan kualitas bahasa sangat dipe-ngaruhi oleh hasil belajar berbahasa di sekolah. Menurut Tarigan (1990:22) bahwa ” Pengajaran keterampilan berbahasa sesuai dengan namanya, bertujuan untuk menumbuhkan dan mengem-bangkan keterampilan berbahasa siswa. Teram-pil berbahasa berarti terampil menyimak, teram-pil berbicara, terampil membaca dan terampil menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar”. Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunika-si) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya (Suparno; 2007:1.3) Menu-lis bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Kar-ya sastra, buku, komik dan cerita adalah bebe-rapa contoh bentuk dan produk bahasa tulis yang banyak dijumpai.Di era sekarang menulis sangat penting bagi banyak kalangan, antara lain untuk menulis pada bidang pendidikan, bisnis, penelitian dan pemerintahan.
Kenyataan bahwa tujuan utama menjadi- kan bahasa menjadi sebuah keterampilan, khu-susnya keterampilan menulis tidak tercapai ka-rena selama ini ada kecenderungan pembelaja-ran bahasa Indonesia diarahkan pada segi teoritis saja. Kegiatan menulis atau sering disebut mengarang, tidak banyak yang menyukainya termasuk siswa SD. Menurut Graves (1978) di dalam Suparno (2007:1.4), ”...seseorang eng-gan menulis karena tidak tahu untuk apa dia menulis, merasa tidak berbakat menulis, dan merasa tidak tahu bagaimana harus menulis. Ketidaksukaan tak lepas dari pengaruh ling-kungan keluarga dan masyarakatnya, serta pengalaman pembelajaran menulis atau me-ngarang di sekolah yang kurang memotivasi dan merangsang minat”.
Sesuai dengan pembatasan masalah terse-but di atas, terdapat permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu sebagai berikut: apakah im-plementasi metode kolaborasi dapat meningkat kan keterampilan menulis narasi siswa Kelas V SD Plaosan Kabupaten Purworejo Tahun 2011/ 2012, bagaimana implementasi metode kolabo-rasi yang dapat meningkatkan keterampilan me-nulis narasi siswa Kelas V SD Plaosan Kabupa-ten Purworejo Tahun 2011/2012.
Tujuan pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa Kelas V SD dengan menggunakan metode kolaborasi adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa Kelas V SD Negeri Plaosan Kabupaten Purworejo Tahun 2011/ 2012 dengan menggunakan metode kolaborasi.
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai Jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Download Jurnal - Implementasi Metode Kolaborasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Implementasi Metode Kolaborasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Tentang Metode Pembelajaran