Abstract: The Using Of Macromedia Flash Learning in Increasing Of Speed Reading Ability Of The Fifth Grade Students at Elememntary School. The purpose of this research are: (1) to know increasing speed reading ability of the fifth grade students; (2) to know students respon. This research is classroom action reseach (CAR). The research is done in three cycles with every cycle consist of planning, action, observation, and reflection. The research result shows that : (1) speed reading ability increase from 76 kpm in before cycle, become 87 kpm in the first cycle, then in the second cycle becomes 98 kpm, and in the third cycle becomes 102 kpm; (2) the students give very good response about using media of Macromedia Flash learning.
Abstrak: Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD; (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampun membaca cepat siswa meningkat dari 76 kpm pada pretest, menjadi 87 kpm pada siklus I, kemudian pada siklus II menjadi 98 kpm, dan pada siklus III menjadi 102 kpm; (2) siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash.
Kata kunci: media Macromedia Flash, membaca cepat
PENDAHULUAN
Membaca merupakan kegiatan interaktif untuk memetik dan memahami arti atau makna yang terkandung di dalam bahasa tulis. Tujuan utama membaca adalah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam keseharian selain ke-butuhan pokok lainnya. Menurut Bowman (dalam Somadayo, 2011: 2), membaca merupakan sarana yang tepat untuk mem-promosikan suatu pembelajaran sepanjang hayat (life-long-learning), karena dengan mengajarkan anak cara membaca, berarti memberi anak tersebut sebuah masa depan, yaitu memberi suatu teknik bagaimana cara mengeksplorasi “dunia” mana pun yang ia pilih dan memberikan kesempatan untuk mendapatkan tujuan hidupnya.
Mencermati pentingnya kemampu-an membaca seperti yang telah diuraikan, seharusnya pembelajaran membaca men-dapat perhatian besar oleh guru. Berdasar-kan pengamatan peneliti terhadap guru kelas V SD dalam mengajarkan membaca di sekolah dasar, pembelajaran cenderung terfokus pada pengenalan lambang-lambang tulisan, tetapi kurang memper-hatikan kecepatan dan kemampuan membaca.
Membaca cepat merupakan salah satu jenis kegiatan membaca yang diterapkan di sekolah dasar. Ada sejumlah kompetensi dasar yang hendak dicapai dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada jenjang pendidikan ter-sebut. Sesuai dengan KTSP (Depdiknas, 2007) menekankan bahwa kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa kelas V sekolah dasar semester 1 adalah menemu-kan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan minimal 75 kata per-menit, sedangkan pada semester 2, siswa diharapkan mampu membandingkan dua teks bacaan dengan membaca sekilas. Membaca sekilas dapat dilakukan dengan membaca cepat.
Dalam pembelajaran membaca cepat, guru kelas V SD masih terbiasa dengan cara lama. Cara yang sering di-lakukan untuk kegiatan pembelajaran membaca cepat adalah siswa disuruh mem-baca buku dengan waktu yang telah di-tentukan, kemudian menjawab pertanyaan atas bacaan. Guru kelas V SD belum per-nah mengukur kecepatan membaca serta mengukur seberapa besar persentase pe-mahaman isi yang dicapai siswanya. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pembelajaran membaca cepat praktis belum dilaksanakan, begitu pula dengan penggunaan media selain buku teks pel-ajaran.
Mengingat faktor-faktor di atas, maka diperlukan upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca cepat ter-sebut. Untuk mendapatkan kemampuan membaca cepat yang memadai, guru kelas V SD perlu menggunakan media yang te-pat dalam proses pembelajaran membaca cepat. Salah satu media yang dapat me-latih membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling adalah media pembel-ajaran Macromedia Flash, karena media ini berupa animasi yang dapat membuat tulisan bergerak, sehingga siswa harus mengikuti gerak tulisan supaya tidak ketinggalan. Kegiatan ini sekaligus dapat melatih kemampuan mata dalam men-jangkau unit-unit bahasa secara cepat. Secara umum orang melakukan aktivitas membaca dengan indra mata yang dipakai untuk mengenali huruf, kata, frasa, ka-limat dan wacana yang kompleks. Se-lanjutnya dengan cepat memberikan in-formasi kepada otak untuk diproses menjadi sebuah pengetahuan. Dengan de-mikian, apabila mata mampu menyampai-kan informasi secara cepat ke otak, secepat itu pula pengetahuan diperoleh, sehingga akan terjadi proses membaca cepat yang efektif dan efisien dalam pembelajaran membaca cepat. Dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash, guru juga dapat memperbanyak pemberian latihan membaca cepat, karena materi dapat diambil dari berbagai sumber yang kemudian disajikan melalui media pembel-ajaran Macromedia Flash.
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pem-baca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis (Tarigan, 2008:7). Membaca cepat merupakan salah satu jenis kegiatan membaca. Ada dua hal yang menjadi perhatian dalam membaca cepat, yaitu kecepatan yang memadai dan persentase pemahaman yang tinggi. Dua aspek inilah yang menjadi kunci membaca cepat dan efektif. Menurut Nurhadi (2008: 31), membaca cepat merupakan jenis membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaannya. Efektif artinya, peningkatan kecepatan membaca itu harus diikuti pula oleh peningkatan pemahaman terhadap bacaan.
Kecepatan efektif membaca me-rupakan perpaduan antara kecepatan mem-baca dengan memahami isi bacaan. Ke-cepatan rata-rata baca merupakan cermin dari tolak ukur kemampuan visual, yakni kemampuan mata dalam menangkap unit-unti bahasa secara cepat. Pemahaman isi bacaan merupakan cermin dari kemampu-an kognisi, yakni kemampuan berpikir dan bernalar dalam mencerna masukan grafis yang diterimanya lewat indera mata.
Untuk menentukan kecepatan efektif membaca diperlukan data mengenai rata-rata kecepatan bacanya dan persentase pemahaman isi bacaan. Untuk menentukan rata-rata kecepatan baca ialah dengan cara membagi jumlah kata yang dibaca dengan waktu tempuh baca. Sedangkan untuk menentukan persentase pemahaman ter-hadap bahan bacaan yang dibacanya ialah dengan cara membagi sekor bobot tes pemahaman isi bacaan yang dapat dijawabnya dengan benar dengan bobot/skor ideal kemudian dikalikan dengan 100 persen.
Anak kelas V SD mempunyai rasa ingin tahu dan ingin belajar sesuatu yang baru. Melalui kegiatan membaca mereka dapat memperoleh pengetahuan yang lebih banyak. Pada usia ini perhatian membaca sedang mencapai puncaknya. Kehadiran perpustakaan di sekolah dapat mendorong siswa untuk gemar membaca. Di perpustakaan tersedia banyak buku yang dapat menambah pengetahuan siswa. Untuk menghindari ketidaktahuan mereka tentang buku-buku di perpustakaan di-perlukan kemampuan membaca cepat, supaya mereka dapat memperoleh banyak pengetahuan secara cepat. Kemampuan membaca cepat ini dapat dilatih meng-gunakan media pembelajaran Macromedia Flash.
Hakim dan Mutmainah (2003: 1) menyatakan bahwa “Macromedia Flash merupakan program grafis animasi standar professional untuk menghasilkan halaman web yang menarik”. Macromedia Flash dapat dimanfaatkan dalam pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis Flash ini dapat menggabungkan antara teks, gambar, suara, video dan animasi. Tapi dalam penelitian ini peneliti hanya menggabungkan antara teks dan animasi. Media pembelajaran ini berupa penayangan teks bacaan yang bergerak dari kanan ke kiri yang digunakan pendidik/guru untuk latihan membaca cepat.
Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash untuk latihan membaca cepat, yaitu: (1) Penayangan judul, jumlah paragraph, dan sumber teks bacaan 1; (2) Penayangan teks berjalan paragraph demi paragraph dari teks bacaan 1; (3) Penayangan judul, jumlah paragraph, dan sumber teks bacaan 2; (4) Penayangan teks berjalan paragraph demi paragraph dari teks bacaan .
Adapun permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD dengan penggunaan media pembelajaran Macro-media Flash?; (2) Bagaimana respon siswa kelas V SD terhadap peng-gunaan media pembelajaran Macromedia Flash? Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam pe-nelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD; (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash.
# # # # # # #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai Jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:
Download Jurnal - Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat
Sekian artikel dari Jurnal Pendidikan Inside mengenai Jurnal - Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Bahasa Indonesia
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran