-->

Jurnal - Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi

Ditulis oleh: Jurnal Pendidikan Inside
Berikut ulasan mengenai contoh jurnal pendidikan, penelitian maupun ilmiah tentang Jurnal - Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal. Silahkan disimak!

Abstract: The Usinge Of Visual Media To Improve Poem Writing Ability In The Fifth A Grade Students Of SDN Kalijoso Secang Magelang Academic Years 2012/2013. This study aims to improve the skills and quality learning process of writing poems through visual media. This research was classroom action research in two cycles with consist of planning, action, observation, and reflection. Based on the result of the study, there was an improvement in the skills of writing poem through visual media and quality of learning process.Key Word: visual media, poem writing, ability.

Abstrak: Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V A SDN Kalijoso Secang Magelang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Kata Kunci: media visual, keterampilan menulis puisi.


PENDAHULUAN

Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) meliputi empat komponen yaitu: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap keterampilan erat pula hubungannya dengan proses-proses berpikir yang mendasari keterampilan seseorang dalam berbahasa.

Menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat medianya (Suparno& M. Yunus, 2008:1.3). Sedangkan keterampilan menulis menuntut kemampuan menggunakan pola-pola bahasa secara tertulis untuk mengungkapkan suatu gagasan (ST. Y. Slamet, 2008:106). Menurut Waluyo, puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu, dan pemilihan kata-kata kias (2005:1).

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu keterampilan dalam menulis yang perlu ditanamkan kepada siswa di Sekolah Dasar sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk mengapresiasi puisi dengan baik. Apabila keterampilan menulis puisi ini dapat dikembangkan dengan baik maka daya imajinasi siswa akan berkembang secara maksimal. Hal ini dikarenakan di dalam puisi ada beberapa paduan aspek yaitu keterampilan menulis dan kemampuan berimajinasi dalam menentukan kata-kata yang akan dijadikan puisi.

Pelajaran tentang puisi diajarkan di kelas rendah dan kelas tinggi. Pada kelas rendah, puisi mulai diajarkan di kelas I Sekolah Dasar. Pada tahap ini siswa diajarkan untuk mendeklamasikan puisi. Selanjutnya, pada kelas tinggi siswa mulai diajarkan untuk menulis puisi, tetapi kemampuan menulis puisi sendiri masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dalam pelajaran menulis puisi.

Hasil ulangan harian siswa kelas V A SD Negeri Kalijoso dalam pelajaran menulis puisi mennujukkan bahwa hanya 15 dari 26 siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Standar ketuntasan minimal untuk mata pelajaran di sekolah tersebut adalah 65. Dengan kata lain, hanya 57,69% siswa yang tuntas dalam pelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V A SD Negeri Kalijoso diketahui beberapa faktor penyebab rendahnya pencapaian siswa, antara lain: (1) siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, (2) sedikitnya penguasaan kosakata yang dimiliki siswa, (3) siswa kesulitan untuk menyususn kata-kata menjadi sebuah rangkaian puisi dengan bahasanya sendiri, (4) pilihan kata yang digunakan siswa kurang bervariasi, (5) media yang digunakan oleh guru kurang menarik sehingga siswa kurang aktif dan mudah bosan dalam menerima pelajaran. Untuk menindaklanjuti kelemahan siswa, maka perlu tindakan dalam mengatasi masalah ini. Penggunaan media visual dalam pembelajaran menulis puisi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kelemahan siswa.

Menurut Anitah, media visual disebut juga media pandang, karena seseorang dapat menghayati media tersebut melalui penglihatan (2008:7) Penggunaan media visual disesuaikan dengan kehidupan sehari hari. Sehingga dapat merangsang siswa untuk lebih berkonsentrasi dan lebih memahami materi yang diajarkan. Penyampaian materi melalui media visul bisa lebih mudah untuk dipahami daripada penyampaian materi melalui ceramah. Selain itu media visual memberikan kesan positif karena lebih menarik dan menyenangkan.  Media visual yang digunakan dalam penelitian ini adalah media visual yang dapat diproyeksikan yaitu gambargambar yang dapat diproyeksikan dengan LCD.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VA SDN Kalijoso Secang Magelang Tahun Ajaran 2012/2013?; (2) Apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VA SDN Kalijoso Secang Magelang Tahun Ajaran 2012/2013?

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil keterampilan menulis puisi dan kualitas proses pembelajaran menggunakan media visual.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai jurnal ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Jurnal - Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi

Sekian artikel mengenai Jurnal - Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat jurnal.
Lihat juga:
Download Contoh Jurnal Bahasa Indonesia
Download Contoh Jurnal Tentang Media Pembelajaran